Kurangi Antrean, Jasa Marga Uji Coba Mobile Reader di Gerbang Tol Cililitan

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 16 Feb 2018, 20:30 WIB
Diperbarui 16 Feb 2018, 20:30 WIB
Libur Natal 2017, Antrian Kendaraan Padati Pintu Keluar Tol Brebes Timur
Perbesar
Kendaraan antre menuju pintu keluar Tol Brebes Timur, Jawa Tengah, Sabtu (23/12). Libur Natal 2017, arus lalu lintas yang akan keluar dari pintu Tol Brebes Timur terjadi kepadatan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani bersama Direktur Operasi II Subakti Syukur dan Direktur Utama PT Jasamarga Toll Road Operator (JMTO) Septerianto Sanaf, melakukan uji coba Mobile Reader di Gerbang Tol (GT) Cililitan 2.

Mobile Reader atau kendaraan jemput transaksi sendiri adalah inovasi yang dikeluarkan oleh PT JMTO selaku anak usaha Jasa Marga. Kehadiran kendaraan jemput transaksi ini bertujuan untuk mengatasi antrean yang kerap terjadi di gerbang-gerbang tol.

Septerianto Sanaf menjelaskan, Mobile Reader merupakan upaya peningkatan kapasitas gardu eksisting.

"Ini adalah sejenis alat tap uang elektronik yang dibawa oleh para petugas menghampiri mobil-mobil yang mengantre di gerbang tol," ujarnya seperti dikutip pada Jumat (16/2/2018).

Mobile Reader yang telah diuji coba akan segera diimplementasikan di gerbang tol dengan jumlah transaksi yang tinggi serta berpotensi terjadi antrean.

Beberapa gerbang tol tersebut adalah GT Kamal 1, GT Slipi 1, GT Semanggi 2, GT Kuningan 2, GT Tebet 2, dan beberapa gerbang tol lainnya.

2 dari 2 halaman

Sudah Ada di Cikarang Utama

Sejumlah mobil mengantre untuk melintasi gerbang Tol Brebes Barat saat mudik natal
Perbesar
Sejumlah mobil mengantre untuk melintasi gerbang Tol Brebes Barat saat mudik natal (23/12). (Liputan6.com/ Gabriel Abdi Susanto)

Sebelumnya, produk Mobile Reader telah diimplementasikan untuk transaksi asal gerbang di GT Cikarang Utama (Entrance), GT Cileunyi, dan GT Pasteur.

Jasa Marga memprediksi, dengan menggunakan Mobile Reader, transaksi elektronik bisa dilakukan lebih cepat.

Produk ini mampu memangkas waktu transaksi, dari satu kendaraan di satu gardu eksisting membutuhkan waktu 4-5 detik transaksi, kini dengan durasi waktu yang sama bisa melayani 3 kendaraan sekaligus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓