Sukses

Libur Imlek, Kepadatan Tol Cikampek Justru Menurun

Guna mengurai kepadatan lalu lintas yang melewati GT Cikarang Utama arah Cikampek, diadakan pengalihan lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan kendaraan terpantau memenuhi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Cikampek pada arus mudik libur panjang Imlek 2018 yang terjadi sejak Kamis, 15 Februari kemarin.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru menjelaskan, sebanyak lebih dari 60 ribu kendaraan melintasi GT Cikarang Utama, atau menurun 2,4 persen dari lalu lintas harian normal yang sebesar 62 ribu kendaraan.

Meskipun begitu, kondisi lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau padat. Hal tersebut dipengaruhi banyaknya kendaraan berat non golongan 1 yang melintas ke arah Cikampek, yaitu sebesar 14 ribu kendaraan atau 23,7 persen.

"Kepadatan juga disebabkan oleh adanya beberapa proyek pekerjaan yang mengakibatkan penyempitan jalan, seperti pembangunan proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek, serta adanya pekerjaan perawatan jalan," jelas dia dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (16/2/2018).

Guna mengurai kepadatan lalu lintas yang melewati GT Cikarang Utama arah Cikampek, diadakan pengalihan lalu lintas dengan ruas keluar di GT Cikarang Barat 3 dan masuk kembali melwati GT Cikarang Barat 1.

Waktu pengalihan sendiri dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB-23.00 WIB.

Selain di GT Cikarang Utama arah Cikampek, kepadatan lainnya juga terjadi di akses masuk dan keluar rest area.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlakukan Contraflow

Jasa Marga juga telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Tol untuk melakukan contraflow demi mengantisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama dan ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Untuk mencairkan kepadatan, Jasa Marga atas diskresi dan kerja sama dengan pihak Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow dari Km 29 hingga Km 41 arah Cikampek sejak pukul 11.15 WIB," kata Dwimawan.

Selain itu, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan Tol Cikampek untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.