7 Pekerjaan Ini Bisa Bikin Anda Sukses di Masa Depan, Apa Saja?

Oleh Fitriana Monica Sari pada pada 13 Feb 2018, 08:00 WIB
[Bintang] Ilustrasi Dunia Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi miliarder pada usia muda bukan hanya sebatas mimpi di siang bolong lagi, melainkan realitas yang bisa dilihat pada zaman sekarang.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dapat dijadikan sebagai alat untuk mewujudkan mimpi. Lihat saja Mark Zuckerberg yang sukses dengan Facebook yang dikelolanya, belum lagi Bill Gates yang sukses dengan Microsoft, dan masih banyak lagi.

Pada era modern ini, jenis pekerjaan yang tersedia juga beraneka ragam. Karena itu, kesempatan untuk meraih kesuksesan juga tidak terkotak-kotak lagi. Kebanyakan dari pekerjaan tersebut erat kaitannya dengan teknologi.

Inilah pekerjaan-pekerjaan yang bisa buat Anda sukses di masa depan, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Analis Sistem

Posisi seorang analis sistem lebih tinggi satu tingkat dibandingkan programmer. Tugasnya adalah merancang sebuah aplikasi secara detail yang berbasis PC ataupun mobile.

Tidak hanya merancang, analis sistem juga harus mengetahui seluk beluk dari aplikasi yang dibuat. Apabila aplikasi tersebut bermasalah nantinya, analis sistem harus mampu mengatasi masalah tersebut. (Baca Juga: Rumah DP 0% Mulai Dibangun. Kalau Dibandingkan, Inilah Beda Rusun dengan Rumah Tapak?)

2. Programmer

Programmer memiliki popularitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan analisis sistem. Sebab masyarakat awam menganggap programmer sebagai pembuat aplikasi. Padahal, programmer hanya bertugas secara teknis untuk menghubungkan program-program yang dirancang ke sebuah komputer.

Meskipun analis sistem dan programmer sama-sama berkecimpung di dunia pembuatan aplikasi, keduanya memiliki spesifikasi kerja yang berbeda. Posisi programmer juga satu tingkat berada di bawah analis sistem.

1 of 4

3. Web Developer

[Bintang] Job
Web developer. (twenty20)

Pekerjaan ini memiliki prospek yang menjanjikan mengingat pesatnya perkembangan dunia teknologi pada era sekarang. Tugas seorang web developer ialah merancang sebuah sistem di website. Website yang dirancang tidak hanya website umum, tapi juga website yang besar untuk ritel atau perusahaan besar.

Menjadi seorang web developer menjadi tantangan tersendiri karena ilmu yang dipelajari benar-benar harus luas. Web developer harus mampu menguasai bidang pemrograman berbasis Java, HTML, Python, dan lainnya.

4. Software Developer

Software developer atau pengembang perangkat lunak hampir mirip dengan pekerjaan seorang programmer yang sama-sama merancang sebuah software komputer atau Android. Namun, pekerjaan software developer ternyata lebih luas karena harus sanggup menciptakan software yang bernilai jual tinggi.

Jika Anda pernah melihat aplikasi edit foto yang dirancang sedemikian rupa dengan model yang beragam, itu merupakan hasil kerja dari software developer. Permintaan atas jasa software developer mengalami peningkatan yang cukup pesat, terutama pada era serba digital saat ini.

2 of 4

5. Startup Founder

Kesuksesan Perusahaan Startup Bisa Menjadi Inspirasi Hidup Anda
Perusahaan startup memiliki beragam cerita kesuksesan yang sangat inspiratif, dan dapat kita terapkan dalam kehidupan.

Startup adalah sebuah istilah yang diberikan untuk bisnis yang baru dirintis di era digital. Bisnis yang dijalankan bermacam-macam. Ada yang bergerak di dunia pembuatan software atau aplikasi, website, dan platform lain.

Pemasukan yang diperoleh perusahaan startup tidak hanya dari konten yang dibuatnya, tapi dari iklan yang mereka pasang di platform yang mereka miliki.

Meskipun berbasis startup, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan khusus dalam bidang digital. Misalnya, mampu mengelola IT dengan baik untuk mengetahui fungsi coding ataupun pembuatan website. Semakin banyak skill yang dimiliki, maka kesempatan untuk melonjak ke atas juga semakin besar.

6. Graphic Designer

Bisnis tanpa promosi sama saja nihil. Inilah mengapa jasa graphic designer sangat dibutuhkan di era digital. Permintaan atas jasa desain pun meningkat pesat pada era digital.

Pemasukan yang didapat seorang graphic designer tergantung dari jumlah permintaan dan kualitas desain yang dihasilkan. Yang pasti bayaran yang diberikan konsumen setimpal dengan hasil dan kualitas dari desain yang dibuat.

3 of 4

7. Analis Keamanan Informasi

Analis keamanan informasi
Analis keamanan informasi

Mudahnya akses informasi pada era digital membuat kita harus lebih berhati-hati. Data-data penting yang disimpan di komputer perlu mendapat pengamanan ketat.

Apabila data tersebut berhasil diretas, akan berdampak pada nasib Anda di kemudian hari. Untuk itulah, mengapa pekerja analis keamanan informasi dibutuhkan. Jasa ini pada umumnya dibutuhkan perusahaan atau instansi pemerintah untuk melindungi data keuangan yang sifatnya sangat rahasia.

Pilih Pekerjaan yang Paling Sesuai

Sukses itu tidak hanya pada tujuh jenis pekerjaan di atas. Sukses juga bisa Anda raih dari pekerjaan lain. Hanya akan lebih baik jika Anda menguasai dan peka terhadap perkembangan teknologi.

Tanpa teknologi, sangat mustahil untuk melangkahkan kaki meraih cita-cita. Sesuaikan juga pekerjaan dengan minat dan kapabilitas agar Anda lebih senang berkecimpung di dunia kerja tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓