Tiru 4 Cara Unik Pendiri IKEA dalam Berhemat

Oleh Bawono Yadika pada 03 Feb 2018, 12:30 WIB
Diperbarui 05 Feb 2018, 11:13 WIB
Founder IKEA, Ingvar Kamprad

Liputan6.com, Jakarta - Banyak yang menduga bahwa ketika seseorang menjabat sebagai chief executive officer (CEO), founder, atau pendiri suatu perusahaan, maka pasti hidup mereka akan selalu bergelimang kemewahan.

Namun, ternyata pemikiran tersebut tidak selalu benar. Ada beberapa bahkan cukup banyak CEO atau pendiri sebuah perusahaan besar memilih untuk hidup sederhana. 

Sepertinya, bos zaman sekarang cukup terbiasa dengan hidup yang super sederhana. Gaya hidup sederhana tersebut diimplementasikan dalam tiap rutinitasnya.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (3/2/2018), dari sekian banyak sosok CEO dan founder perusahaan besar, yuk kita intip salah satu yang memilih hidup sederhana yaitu miliarder Ingvar Kamprad yang merupakan pendiri IKEA:

1. Suka Mobil Murah

Gaya hidup ini tampaknya menular ke banyak CEO di dunia. Selain Warren Buffet, Mark Zuckerberg, Alice Walton, dan Steve Ballmer, Kamprad ternyata mengaplikasikan hal ini juga dihidupnya.

Selama hampir dua puluh tahun, Kamprad menggunakan mobil Volvo 240 GL yang hanya US$ 22.000 atau seharga Rp 294,80 juta dengan nilai kurs Rp 13.400 per dolar AS.

2. Beli Pakaian di Pasar Barang Bekas

Flea market atau 'pasar flea' ialah tempat di mana barang-barang bekas dijual kembali.

Sebagian besar barang yang dijual harganya sangat murah. Bahkan jika pintar memilih, maka bisa mendapat barang bagus dengan harga jual di bawah Rp 100 ribu.

"Jika kau perhatikanku dengan seksama, maka kau akan mengetahui bahwa semua yang kukenakan dari Flea market." tutur Ingvar Kamprad.

2 of 2

3. Potong Rambut di Negara Berkembang

6 Tren Gaya Rambut Pria 2017 Magnet Para Wanita
Potongan rambut bisa jadi daya tarik pria terhadap wanita. Mengikuti gaya tren rambut 2017 bisa menjadikan Kamu selangkah ke jodoh kamu.

Pengalaman buruk saat potong rambut dengan harga yang tak sesuai bujetnya, Kamprad mengungkapkan bahwa ia selalu memangkas rambutnya ketika sedang berada di negara berkembang dengan alasan harga yang murah.

4. Terbang dengan Kelas Ekonomi

Bukan kelas bisnis ataupun private jet, Kamprad menyatakan bahwa ia selalu terbang dengan kelas ekonomi dan tinggal di hotel-hotel yang murah.

Lanjutkan Membaca ↓