Sukses

Tak Mau Gajian Cepat Habis? Ini Tips Hemat Belanja Bulanan

ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa belanja bulanan dengan hemat dan cermat.

Liputan6.com, Jakarta Rasa bahagia pasti menyelimuti kala waktu gajian tiba. Uang tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari makan di tempat favorit hingga belanja kebutuhan bulanan.

Tapi, Anda tentu tidak mau uang yang dimiliki bisa langsung habis begitu saja. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa belanja bulanan dengan hemat dan cermat.

Apa saja? Berikut ulasannya melansir inc.com, Minggu (28/1/2018)

1. Susun anggaran

Sebelum berbelanja jangan lupa untuk menyusun anggaran. Hal ini berfungsi agar Anda memiliki panduan saat berbelanja. Anggaran yang sudah disusun juga bisa membuat Anda lebih mawas diri saat memilih barang apa yang bisa dimasukkan ke dalam keranjang pembelian.

2. Bandingkan harga antar tempat

Ingat, setiap toko ritel memiliki harganya tingkatan harganya sendiri-sendiri. Seringkali ada toko yang menawarkan harga lebih murah dibanding lainnya.

Coba lakukan survei kecil-kecilan sebelum berbelanja. Caranya adalah dengan mengambil selebaran daftar harga yang biasanya bisa ditemukan di toko serba ada.

3. Beli dalam jumlah banyak

Selain bisa berhemat dalam waktu yang lebih lama, belanja dalam jumlah banyak juga bisa membuat Anda mendapat harga lebih murah.

Anda bisa mencoba untuk membeli barang-barang kebutuhan dalam jumlah yang besar sekaligus sehingga dapat digunakan untuk beberapa bulan mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Bayar dengan tunai

Sebisa mungkin bayar belanjaan dengan menggunakan uang tunai. Menurut sebuah penelitian yang ada, penggunaan kartu debit dan kartu kredit membuat orang cenderung untuk mengeluarkan uang lebih banyak. Mengapa? Karena dengan menggunakan kartu tentunya Anda akan terasa seperti tidak membeli barang. Sehingga tidak menimbulkan rasa khawatir akan berbelanja yang terlalu banyak.

5. Manfaatkan fasilitas anggota atau member

Jika Anda sering berbelanja di satu toko biasanya mereka akan memberikan fasilitas dalam program loyalitas atau potongan diskon tersendiri. Jangan sia-siakan tawaran ini.

Dengan adanya kartu member, tentunya akan memberikan keuntungan yang mana bisa menghemat pengeluaran.

6. Belanja saat diskon atau melalui online

Berbelanja saat diskon merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan harga dengan penawaran terbaik. Sedangkan saat berbelanja melalui toko online, Anda bisa lebih hemat dalam berbelanja karena tak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mencari barang yang diinginkan.

Tapi, sebelum memutuskan untuk berbelanja melalui online shop, pastikan terlebih dahulu bahwa harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga di toko ritel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini