5 Negara Terbaik untuk Investasi, RI Nomor Berapa?

Oleh Vina A Muliana pada 26 Jan 2018, 06:15 WIB
Diperbarui 26 Jan 2018, 06:15 WIB
20151113-Ilustrasi Investasi
Perbesar
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, US News & World Report merilis daftar negara terbaik di dunia. Penilaian tersebut dilakukan dalam beberapa indikator, mulai dari kemudahan berbisnis, kesejahteraan penduduk, kondisi pendidikan dan kesehatan hingga iklim investasi daerah tersebut.

Tahun ini, survei yang bekerja sama dengan agensi periklanan Y&R dan Wharton School dari University of california mengungkap, ada lima negara yang menjadi lokasi terbaik untuk berinvestasi.

Lima negara ini memiliki faktor-faktor khusus yang mendorong seseorang tertarik untuk menanam investasinya. Beberapa faktor tersebut antara lain kekayaan alam, efisiensi pasar, serta kepemilikan aset strategi.

Mana saja negara tersebut? Berikut ulasannya melansir usnews.com, Jumat (26/1/2018):

5. Singapura

Singapura diposisikan sebagai negara yang penuh dengan sarang intelektual, masyarakat yang teredukasi serta hak milik intelektual yang adil. Berbagai insentif juga ditawarkan bagi pebisnis yang ingin berinvestasi di negara tersebut. Itulah alasan yang menjadikan Singapura menjadi negara yang sering dijadikan tujuan oleh investor asing.

 

2 dari 5 halaman

Malaysia

FOTO: Kembang Api Tahun Baru Hiasi Menara Petronas Malaysia
Perbesar
Kembang api menghiasi langit di dekat Menara Kembar Petronas Malaysia saat malam pergantian tahun di Kuala Lumpur, Malaysia. (01/1/2018). Menara Kembar Petronas menjadi salah satu spot para wisatawan menikmati malam tahun baru. (AFP Photo / Mohd Rasfan)

4. Malaysia

Tenaga kerja di negara ini memiliki kapabilitas yang tinggi. Hingga saat ini, Malaysia masih menjadi negara penerima dana investasi asing yang besar menurut data dari PBB. Adanya situs khusus yang dibangun pemerintah membuat investor asing dengan mudah bisa melihat insentif apa yang bisa mereka dapatkan jika berinvestasi di sini.

 

3 dari 5 halaman

Polandia

20161003-Protes Larangan Total Aborsi, Polandia Jadi Lautan Hitam-Polandia
Perbesar
Ribuan orang berdemonstrasi menentang rencana larangan aborsi secara keseluruhan di ibu kota Polandia, Senin (3/10). Para perempuan mengenakan pakaian serba hitam, simbol duka atas hak-hak reproduktif mereka. (Agencja Gazeta/Slawomir Kaminski/REUTERS)

3. Polandia

Di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu, investor bisa menemukan kestabilan di Polandia. Bank Dunia memprediksi, ekonomi negara ini bisa bertahan di tengah guncangan yang disebabkan oleh Brexit dan krisis pengungsi di Eropa.

 

4 dari 5 halaman

Indonesia

Monas
Perbesar
Petugas menyapu membersihkan kawasaan Monas, Jakarta, Senin (1/1). Sebelumnya, kawasan Monas menjadi titik berkumpul warga saat perayaan malam pergantian tahun dan menyisahkan sampah dari pengunjung monas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

2. Indonesia

Penduduk RI patut berbangga. Pasalnya, Indonesia duduk di nomor dua negara paling baik untuk berinvestasi. Data PBB menunjukkan, Indonesia telah menjadi negara paling menjanjikan sebagai tujuan investasi.

Kebijakan yang terus diperbaharui seta performa ekonomi yang terus membaik bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi investor.

 

5 dari 5 halaman

Filipina

Gunung Mayon di Filipina dilaporkan tengah aktif - AFP
Perbesar
Gunung Mayon di Filipina dilaporkan tengah aktif - AFP

1. Filipina

Peringkat teratas ditempati oleh Filipina. Negara di Asia Tenggara ini terus menunjukkan perkembangan yang membaik dari tahun ke tahun.

Dalam beberapa tahun mendatang, negara ini diprediksi bisa mendapatkan kucuran dana investasi asing lebih besar dari beberapa negara adidaya seperti China.

Lanjutkan Membaca ↓