Menteri PUPR: Jokowi Sudah Resmikan 6 Venue di Kawasan GBK

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 23 Jan 2018, 21:16 WIB
Kenakan Jas Hitam, Jokowi Resmikan Hasil Renovasi Istora Senayan

Liputan6.com, Jakarta - Istora Senayan menjadi venue keenam yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta usai renovasi. Pemerintah sendiri menyiapkan 14 venue di kawasan GBK untuk pelaksanaan Asian Games 2018.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat melapor ke Presiden Jokowi di Istora Senayan Jakarta, Selasa (23/1/2018).

"Bahwa pada hari ini kita ada di Istora Senayan, merupakan venue yang ke-6 yang diresmikan Bapak Presiden dalam rangka penyiapan 14 venue di kawasan GBK setelah direnovasi," katanya.

Basuki menuturkan, Istora direnovasi sejak September 2016 dan rampung Desember 2017. "Istora Senayan direnovasi sejak September 2016 dan selesai dilaksanakan pada Desember 2017 dengan kapasitas 7.166 tempat duduk single," ungkapnya.

Basuki juga mengatakan, renovasi ini mempertahankan warisan budaya. Salah satunya ialah mempertahankan beberapa bangku asli.

"Ini bangunan heritage, beberapa sisa bangku kita sisakan. Bangku kami sisakan melihat heritage-nya gedung ini," sambungnya.

Basuki mengatakan, gedung ini memiliki banyak fungsi. Pada Asian Games, gedung akan dimanfaatkan untuk tempat bermain bulu tangkis dan basket. Selain itu, gedung ini nantinya akan dimanfaatkan untuk kegiatan lain seperti konser musik.

"Istora ini berfungsi sebagai gedung serba guna, multi function. Pada saat Àsian Games digunakan untuk venue basket ball dan badminiton. Kemudian untuk kegiatan lain biasanya dilakukan konser musik di gedung ini seperti Java Jazz dan lainnya," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 of 3

Jokowi Resmikan Istora Senayan GBK

Kenakan Jas Hitam, Jokowi Resmikan Hasil Renovasi Istora Senayan
Presiden Jokowi (belakang tengah) foto bersama sejumlah atlet dan menteri usai meresmikan hasil renovasi Istora Senayan, Jakarta, Selasa (23/1). Istora Senayan akan menjadi salah satu arena Asean Games 2018. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Istana Olahraga (Istora) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, sore ini, Selasa (23/1/2018). Pemerintah memang melakukan penataan kawasan GBK termasuk di dalamnya Istora untuk menyambut pesta olah raga Asian Games pada Agustus nanti.

"Dengan mengucap Bismillahirohmanirohhim. Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, renovasi Istora GBK saya resmikan," kata Jokowi di lokasi Istora Senayan Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Jokowi mengaku terpukau dengan kondisi Istora saat ini. Pasalnya, kondisinya berubah dari sebelumnya. "Saya betul-betul terkejut masuk ke sini, ada perubahan total dari Istora dari keadaan sebelumnya," sambungnya.

Menurut Jokowi, renovasi ini mengembalikan bentuk Istora seperti tahun 1960-an.

"Renovasi besar ini mengembalikan bangunan awal Istora tahun 1960-an. Dan ini merupakan renovasi besar yang betul-betul mengubah Istora Senayan dan kita harapan digunakan event olahraga dan lainnya," paparnya.

Setelah memberi sambutan, Jokowi menandatangani prasasti peresmian. Tak lama, Jokowi meninggalkan lokasi acara.

3 of 3

Resmikan Stadion Utama GBK

Usai Renovasi, Warga Kembali Berolahraga di Kawasan Stadion GBK
Warga bersepeda melintasi kawasan lingkar luar Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (21/1). Pascarenovasi, kawasan sekitar Stadion GBK kembali dipadati warga yang berolahraga. (Liputan6.com/Helmi Fithransyah)

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meresmikan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 14 Januari 2018. Peresmian waktu itu diiringi hujan deras.

"Dengan Rahmat Tuhan YME, pada sore ini renovasi besar Stadion Utama Gelora Bung Karno saya nyatakan diresmikan dan dapat digunakan," ujar Jokowi.

Usai mengucapkan kata-kata peresmian, Jokowi membubuhkan tanda tangan di prasasti. Pada kesempatan tersebut Jokowi menggunakan jersey Tim Bola Indonesia berwarna merah.

Lanjutkan Membaca ↓