Pakai Panel Surya, Biaya Operasional Tol akan Lebih Murah

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 21 Jan 2018, 20:10 WIB
Ilustrasi panel surya

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi semakin lama semakin mempermudah dan mempermurah biaya operasional di berbagai sektor, salah satunya infrastruktur. Pemerintah kini sedang mengembangkan pengoperasian jalan tol dengan menggunakan listrik dari tenaya surya.

Direktur Utama Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan, pihaknya sedang melakukan uji coba pemakaian panel surya di jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Provinsi Lampung.

"Tol di Sumatera kan tidak seluruhnya ada jaringan listrik. Maka dari itu, kita akan cari tahu apakah panel surya bisa memenuhi kebutuhan, paling tidak di Gerbang Tol Bakauheni Selatan yang sedang kita uji coba ini," tuturnya di acara Peresmian jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung pada Minggu (21/1/2018).

Dia mengatakan, penggunaan listrik tenaga surya tersebut akan membuat biaya operasional tol lebih efisien, dan juga lebih bersahabat dengan lingkungan.

"Penggunaan panel surya ini kalau kita hitung akan lebih efisien secara biaya operasional, dan go-green, jadinya alami," imbuh Putra.

Selain itu, lanjut dia, penerapan listrik tenaga surya juga sekaligus mengurangi beban PLN. Dengan ada ini, PLN bisa prioritas untuk melistriki wilayah lain.

"Teknologi kan semakin murah. Kalau bisa diputuskan seluruh tol gate bisa pakai panel surya, itu akan jauh lebih efisien," terang dia.