Sukses

8 Hunian Strategis dengan Harga Masuk Akal

Tinggal di hunian yang berada di lokasi yang strategis adalah impian bagi setiap pencari properti.

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal di hunian yang berada di lokasi yang strategis adalah impian bagi setiap pencari properti. Tentu bukannya tanpa alasan mengapa lokasi menjadi salah satu faktor penentu, salah satunya karena mempermudah aksesibilitas seseorang.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki hunian dengan lokasi yang strategis namun dengan harga yang masih masuk diakal, berikut ini adalah pilihannya dari Lamudi, Senin (15/1/2018):

Villa Bogor Indah

Jika Anda ingin memiliki hunian di kawasan Bogor, perumahan Villa Bogor Indah mungkin bisa menjadi pilihan menarik, lokasi perumahan ini sangat strategis karena berada di antara kotamadya dan Kabupaten Bogor, perumahan ini pun dua pintu tol, yakni Tol BORR Kedung Halan (10 menit), Tol Sentul (15 menit), serta dekat dengan Stasiun Cilebut (10 menit).

Harga satu unit rumah di sana dijual mulai dari Rp 400 juta.

Apartemen Sky House BSD+

Di kawasan BSD ada apartemen Sky House BSD+, apartemen berada di jantung konta mandiri BSD City, bersebelahan dengan AEON Mall BSD dan kawasan perkantoran Digital Hub, apartemen ini pun berdekatan dengan Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan tol Ulujami-Serpong.

Apartemen ini juga dilengkapi dengan fasilitas bermain anak-anak, jalur joging sepanjang 1,2 km, area yoga, lapangan badminton dan tenis, taman tropis, kolam renang dewasa seluas 1.600 m2, kolam renang anak seluas 500 m2, dan tempat senam di dalam dan luar gedung.

Harga unit apartemen ini kurang lebih Rp 400 juta.

Podomoro Golf View Apartemen, Cimanggis

Apartemen Podomoro Golf View berada di Jalan Raya Tol Jagorawi KM19, Cimanggis, Depok, hunian vertikal ini memiliki akses 100 meter dari pintu Tol Cimanggis sehingga dapat memudahkan aksesibilitas Anda.

Hunian vertikal dari pengembang Agung Podomoro Land ini dijual Rp 198 juta.

Orchard Park & Orchard View, Batam

Nah, bagi Anda yang ingin membeli rumah di Batam, ada baiknya jika Anda melirik perumahan Orchard park & Orchard View. Area perumahan ini sangat strategis di segitiga emas Batam yang menghubungkan antara Singapura – Johor- Malaysia.

Kawasan ini juga sangat dekat (20 menit) dengan Bandara Hang Nadim Batam, serta (5 menit) menuju pelabuhan Ferry Internasional Batam Center.

Harga satu unit rumah di sana dijual mulai dari Rp 400 juta.

Vasanta Innopark

Nah bagi Anda yang ingi membeli apartemen di kawasan Cibitung, ada baiknya jika langsung melihat Vasanta Innopark, apartemen ini sangat strategis karena tepat di pintu keluar Tol Cibitung KM 24 ruas Tol Jakarta – Cikampek.

Tidak hanya itu hunian vertikal ini juga dekat dengan kawasan MM2100 sehingga potensial untuk disewakan. Harga Vasanta Innopark dijual mulai dari Rp 300 jutaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Cepat Melunasi Utang KPR

Membeli rumah dengan cara kredit sekarang sudah sangat popular. Sangat jarang konsumen membeli rumah dengan membayar tunai alias cash. Umumnya konsumen membeli dengan kredit, apalagi mereka yang bekerja sebagai karyawan.

Masalahnya, tenor cicilan KPR yang sekarang berlaku umumnya sangat lama. Antara 15 hingga 20 tahun. Bahkan, sekarang ada bank yang menawarkan hingga 25 tahun. Bisa-bisa, saat pensiun di usia 55 tahun, cicilan KPR Anda baru lunas.

Sebaiknya Anda sekarang mencari cara agar cepat melunasi utang KPR. Bisakah? Bisa! Jika Anda ingin melunasi KPR dengan cepat, Anda akan menggunakan kombinasi dari beberapa strategi. Mulai dari memiliki tabungan tetap, melakukan pelunasan dipercepat, angsuran ekstra berkala, lalu take over ke bank lain.

Nah, agar lebih jelasnya berikut tips dari HaloMoney.co.id:

1. Mengurangi sisa pokok KPR

Poin pertama cara cepat melunasi KPR adalah menerapkan apa yang disebut “Tabungan Tetap”. Metode pelunasan yang akan dipaparkan ini sebenarnya adalah standar, yaitu mengurangi pokok kredit sehingga berimplikasi pada porsi bunga yang harus kita bayarkan setiap bulan.

Beban cicilan KPR dapat diatasi dengan mengurangi sisa pokok. Caranya ialah menambah simpanan tabunganmu menjadi dua kali lipat. Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Tentu saja, ketika menerapkan hal ini Anda harus merelakan beberapa biaya hidup terpotong, semisal makan siang di luar, tabungan, serta investasi. Bila Anda memiliki penghasilan Rp 9 juta per bulan—di mana sekitar Rp 3 juta digunakan untuk mencicil KPR—Anda memiliki sekitar Rp 6 juta untuk biaya hidup.

2. Pindah ke bank lain

Anda bisa pindah ke bank lain yang menawarkan bunga KPR lebih kecil. Cara ini disebut take over. Salah satu pilihannya ialah bank syariah. Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli. Intinya, ketika Anda melakukan take over atau pindah KPR ke Bank Syariah, maka nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap.

Dengan memindahkan cicilan KPR Anda ke bank syariah, Anda memperoleh angsuran yang lebih pasti dan lebih ringan. Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR. Proses take over biasanya dikenai biaya dan Anda juga akan dikenakan penalti sebesar 1 persen dari sisa pokok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini