Sukses

4 Alasan Jangan Melamar Pekerjaan Tak Sesuai Kualifikasi

Memang bila Anda menerima satu pekerjaan di bawah kualifikasi, perusahaan berkemungkinan besar segera menerima.

Liputan6.com, Jakarta Masa liburan telah berakhir dan Anda mungkin ingin berkutat kembali dengan pencarian kerja atau justru sedang mencari peluang baru. Tahun baru adalah waktu yang tepat untuk mengedit kembali resume pekerjaan dan mulai melamar pekerjaan.

Meski Anda dalam posisi sangat membutuhkan pekerjaan, ada baiknya saat melamar jangan menetapkan standardi bawah kualifikasi yang dimiliki. Melamar pekerjaan sesuai bidang yang Anda kuasai merupakan hal lebih baik.

Memang bila Anda menerima satu pekerjaan di bawah kualifikasi, perusahaan berkemungkinan besar segera menerima. Selain itu Anda pun akan sangat memahami tugas yang harus dijalankan.

Namun nyatanya Anda kemudian tidak akan menyukai pekerjaan baru tersebut. Jadi, simak beberapa alasan untuk tidak melamar pekerjaan yang tak sesuai dengan kualifikasi, seperti yang dikutip dari TMF (10/1/2018):

1. Anda Akan Cepat Bosan

Seseorang punya beberapa aspek yang tidak dia sukai dari pekerjaannya. Maka, ketika dia mengerjakan tugas di bawah kapasitasnya, itu akan membuatnya lebih cepat bosan. Hal tersebut dapat mengakibatkan performa kerja memburuk dan lebih cepat stres. Oleh karena itu, carilah pekerjaan yang disukai dan membuat Anda terus belajar.

2. Karir Tidak Berkembang

Menyenangkan memiliki pekerjaan yang cocok dengan rencana saat ini. Namun bagaimana dengan karir jangka panjang?

Dengan kata lain, jika pekerjaan Anda hanya memberi kemapanan finansial tanpa membuat Anda belajar hal baru, selayaknya berpikir ulang. Pekerjaan tersebut tidak akan membuat karir berkembang. Harus diingat bahwa pekerjaan harus memiliki progress yang signifikan terhadap perkembangan karir, bukan membuat Anda diam di tempat yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal Lain

3. Berpenghasilan Lebih Sedikit dari Seharusnya

Alasan lain untuk tidak melamar pekerjaan dengan kualifikasi rendah adalah karena gaji yang ditawarkan lebih sedikit dibanding posisi lain. Penghasilan Anda akan jauh lebih sedikit dari yang seharusnya didapatkan. Hal ini tentu berdampak pada penghasilan jangka panjang atau melamar pekerjaan baru.

Jika Anda melamar pekerjaan lain, perusahaan baru akan menggaji Anda berdasarkan perhitungan gaji sebelumnya. Begitu pula jika Anda berada di perusahaan yang sama, pendapatan Anda akan dipatok dari posisi saat ini.

4. Bisa Jadi Tidak Diterima

Sebagai pencari kerja, wajar berpikiran bahwa memenuhi seluruh kualifikasi yang diminta akan membuat Anda diterima. Namun, banyak pula pekerjaan yang tidak mau menerima orang-orang dengan kualifikasi tinggi.

Alasannya adalah banyak karyawan yang pindah karena mendapat tawaran yang lebih baik dari perusahaan lain. Seperti yang telah dibahas di awal, Anda akan mudah bosan dan mulai mencari kesempatan baru.

Tentu saja perusahaan tidak ingin buang-buang waktu dengan mempekerjakan Anda.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, carilah yang sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman. Dengan demikian, Anda akan puas dengan gaji dan juga waktu yang dihabiskan di kantor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.