4 Kesalahan Fatal Atur Duit Setelah Bercerai

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 08 Jan 2018, 15:01 WIB
Diperbarui 10 Jan 2018, 14:13 WIB
Perceraian

Liputan6.com, Jakarta - Perceraian memang hal yang menyakitkan namun bukan berarti menghalangi Anda untuk terus melangkah ke depan. Banyak hal yang perlu dipikirkan setelah perceraian, salah satunya yaitu mengenai keuangan.

Banyak orang yang kurang memikirkan hal ini sehingga akan berdampak buruk bagi masa depan terutama bagi yang memiliki buah hati.

Sejumlah kesalahan yang selalu dilakukan oleh orang-orang yang mengalami perceraian. Apa saja? Simak ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Tidak berinvestasi

Kesalahan yang sering dilakukan orang pasca bercerai adalah tidak memiliki investasi. Hal ini mungkin sering dialami oleh wanita terutama yang tidak bekerja. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan aset-aset yang diterima dari mantan pasangan untuk digunakan sebagai modal investasi.

Jangan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak berguna. Dengan berinvestasi, anda bisa mendapatkan penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Banyak cara investasi yang bisa diakukan saat ini.

Kalau masih awam, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu investasi yang akan dikerjakan sehingga nantinya tidak menimbulkan kerugian.

2. Ingin mengerjakan sendiri

Hal lainnya yang sering dilakukan oleh wanita yang sudah bercerai adalah ingin melakukan semua hal sendiri tanpa bergantung dengan yang lainnya. Banyak yang tidak ingin meminta bantuan meskipun dalam keadaan yang benar-benar terdesak.

Mungkin hal ini akan berdampak baik untuk kemandirian Anda, namun tentunya bukan berarti anda benar-benar tidak membutuhkan bantuan orang lain. Jika tidak menginginkan bantuan uang langsung, Anda bisa meminta bantuan dalam hal nasihat guna membantu mengelola keuangan.

Simak video pilihan di bawah ini:

2 of 3

3. Memilih aset rumah dibanding tunjangan

Perceraian
(ilustrasi)

3. Memilih aset rumah dibanding tunjangan

Banyak wanita yang bercerai memilih rumah dibandingkan dengan tunjangan dari mantan pasangan. Jika anda memang memiliki penghasilan yang cukup guna memenuhi kebutuhan, maka hal ini bisa dipertimbangkan.

Namun jika tidak memiliki pekerjaan, maka sangat disarankan untuk memilih tunjangan. Ataupun jika anda memilih rumah, maka dapat menjualnya kembali dan mencari rumah yang lebih murah untuk ditempati. Sehingga Anda tetap akan mendapatkan uang yang bisa digunakan untuk membuka bisnis atau investasi.

4. Tidak memiliki tabungan

Kesalahan lainnya yang mungkin dilakukan adalah tidak menerapkan gaya hidup hemat. Apalagi jika masih mendapat tunjangan, banyak wanita yang terlalu mengandalkan hingga malas untuk menabung. Akan lebih baik jika Anda menyisihkan beberapa bagian dari tunjangan untuk ditabung.

3 of 3

Tips kelola keuangan

Pria Putuskan Cerai Usai Lihat Wajah Istri Saat Malam Pertama
Foto Ilustrasi

Nah untuk menghindari hal-hal yang berisiko kedepannya, berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu anda mengelola keuangan dengan baik:

• Karena sudah bercerai, tentunya pola kehidupan anda berbeda dari sebelumnya. Cobalah untuk meringkas biaya pengeluaran sehari-hari dan sesuaikan dengan pemasukan yang didapatkan.

• Cobalah untuk membuat anggaran pengeluaran yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

• Rencanakan untuk karir ke depannya. Banyak wanita yang pada saat menikah tidak bekerja kemudian sedikit kesusahan untuk kembali ke kehidupan kerja. Namun mau tidak mau Anda harus mulai merencanakan pekerjaan yang bisa menambah pemasukan.

• Bila terlalu sulit untuk masuk kembali ke dunia kerja, Anda bisa coba untuk membuka bisnis kecil. Bisnis yang dibuka dapat disesuaikan dengan skill dan kondisi pasar. Namun pelajari terlebih dahulu bisnis tersebut sehingga Anda tidak mengalami masalah ke depannya.

• Jika rumah yang ditempati cukup besar,akan lebih baik jika Anda mempertimbangkan untuk mengecilkan hunian itu. Rumah yang besar tentunya membutuhkan biaya perawatan yang besar pula, tentunya ini akan menjadi beban apalagi jika pemasukan masih pas-pasan.

• Atau Anda boleh menjadikan rumah lama sebagai investasi yang dapat menambah pemasukan setiap waktunya.

• Terapkan gaya hidup hemat, jangan mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak penting. Ingat kondisi anda sudah berbeda dari sebelumnya.

• Usahakan untuk selalu menyisihkan uang untuk menabung, meskipun dalam jumlah yang kecil seklaipun. Tabungan tersebut akan sangat berguna untuk kondisi darurat ke depannya.

Mengubah Pola Pikir Setelah Perceraian

Kondisi keuangan setelah bercerai tentunya tidak bisa disamakan dibanding ketika masih menikah. Terutama bagi anda yang tidak bekerja dan tidak memiliki penghasilan.

Anda harus mulai mengubah pola pikir tentang mengelola keuangan yang bijaksana. Kelola keuangan Anda yang benar akan menghindarkan diri dari risiko-risiko buruk yang mungkin saja terjadi ke depannya.

Lanjutkan Membaca ↓