Tak Mau Boros di Awal 2018? Ini 7 Jurus Atur Keuangan

Oleh Vina A Muliana pada 07 Jan 2018, 06:40 WIB
Diperbarui 09 Jan 2018, 06:13 WIB
[Bintang] Jangan Boros di Usia 20-an Tahun Agar Uang 'Pensiun' Terjamin

Liputan6.com, Jakarta - Waktu awal tahun jadi momen yang pas bagi Anda untuk kembali mengatur keuangan. Pengaturan keuangan dilakukan agar kondisi keuangan pribadi bisa kembali dipersiapkan untuk jangka panjang maupun jangka pendek pada 2018.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengatur keuangan di awal tahun. Seperti dikutip dari laman Entrepreneur.com, Minggu (7/1/2018), terdapat tujuh tips bagaimana mengatur keuangan di tahun ini. Apa saja?

1. Buat pos-pos keuangan

Ego bisa menjadi penghalang perencanaan keuangan masa depan, meski jika Anda memiliki bisnis yang sedang berkembang. Sebab itu Anda harus memaksimalkan apa yang dapat disisihkan di rekening tabungan. Kemudian sisihkan pula biaya medis, pendidikan anak. Sebab jika tidak mandiri secara finansial, kemungkinan Anda akan kesulitan.

2. Periksa kembali seluruh aset dan investasi

Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah memeriksa seluruh nilai aset yang Anda miliki. Aset yang dimaksud di sini adalah tabungan dan investasi seperti emas yang bisa dijual dalam waktu cepat. Aset-aset tersebut juga bisa menjadi cadangan untuk memenuhi kebutuhan yang rutin dan mendadak.

3. Lunasi utang

Jika Anda memiliki kartu kredit, mulai dari sekarang kurangi pemakaiannya. Penggunaan kartu kredit yang berlebih bisa menyulitkan kondisi keuangan. Jika memang Anda ingin berbelanja dengan kartu kredit, cobalah gunakan kartu yang menawarkan pembayaran dengan bunga kecil.

 Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 of 2

Kurangi Pengeluaran Impulsif

Suku Bank Bank
Ilustrasi Foto Suku Bunga (iStockphoto)

4. Kurangi pengeluaran impulsif

Belanja tanpa rencana adalah salah satu alasan utama yang membuat seseorang sering gagal dalam mengelola keuangannya. Hentikan kebiasaan belanja seperti ini, sebab uang yang akan disimpan bisa saja habis untuk berbagai barang yang pada dasarnya tidak begitu dibutuhkan.

5. Peluas aset dengan investasi

Bukan nanti, namun investasi harus mulai dilakukan saat ini. Jangan menunda investasi di dalam keuangan, sebab ini akan sangat menentukan kesuksesan dalam mengelola keuangan. Investasi akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan menjadi lebih mudah dan cepat.

6. Pupuk motivasi yang kuat

Melakukan resolusi keuangan mungkin bukanlah yang mudah bagi semua orang, dibutuhkan komitmen dan juga disiplin yang besar untuk menjalankannya di dalam keuangan. Mulailah hal ini dengan rencana yang baik, termasuk dengan menyusun anggaran yang paling tepat bagi keuangan, sehingga Anda memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan resolusi keuangan ke depannya.

7. Sewa ahli pembukuan

Carilah rekomendasi dari orang yang memahami soal pajak jika Anda kesulitan untuk mengatur anggaran soal ini. Sebab pembayaran pajak kerap menjadi masalah dalam anggaran, seperti biaya pajak rumah dan mobil.

Lanjutkan Membaca ↓