Sukses

8 Negara Termiskin Paling Berbahaya di Dunia

Legatum Institute mengeluarkan daftar negara termiskin dan paling berbahaya di dunia. Negara mana saja yang masuk daftar ini?

Liputan6.com, New York - Setiap tahunnya, lembaga riset yang bermarkas di Inggris The Legatum Institute merilis Global Prosperity Index yang berisi tingkat kemakmuran sebuah negara. Di tahun kesebelasnya, survei Legatum Institute juga mengeluarkan daftar negara termiskin dan paling berbahaya di dunia.

Ukuran kemakmuran suatu negara didapat Legatum Institute dengan mmenilai 104 variabel berbeda. Beberapa variabel tersebut di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita dari penduduk.

Selain itu, jumlah pengangguran dan toleransi sosial juga jadi variabel yang diperhitungkan.

Ratusan variabel tersebut kemudian dikategorikan dalam beberapa sub indeks yakni kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, pendidikan, kesehatan, keamanan, kebebasan, dan juga lingkungan.

Hasilnya ternyata banyak negara yang memiliki indeks di bawah rata-rata. Berikut ulasannya melansir prosperity.com, Jumat (5/1/2018)

8. Irak

Skor: 40,60

Meski ISIS sudah mampu diberangus dari negara ini, tingkat keamanan di Irak masih rendah. Seringnya terjadi pertempuran juga membuat masyarakat kerap dalam bahaya.

7. Kongo

Skor: 40,59

Sub indeks keselamatan dari negara ini berada di peringkat paling bawah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

6. Mauritania

Skor: 40,58

Negara di Afrika Utara ini sebenarnya memiliki skor yang cukup bagus untuk ekonomi. Sayangnya, beberapa indeks lain menunjukkan angka yang rendah.

 

 

3 dari 7 halaman

5. Chad

5. Chad

Skor: 39,59

Sumber daya alam negara ini cukup banyak. Sayangnya, sumber daya tersebut tidak dikelola dengan baik sehingga membuat beberapa sub indeks di bawah rata-rata.

 

 

4 dari 7 halaman

4. Afganistan

4. Afganistan

Skor: 38,76

Negara ini terus berperang selama berpuluh-puluh tahun. Oleh sebab itu, negara ini sulit untuk makmur dan keselamatan penduduk berada di bawah standar.

 

5 dari 7 halaman

3. Sudan

3. Sudan

Skor: 38,39

Kemakmuran Sudan turun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini juga kembali mengalami penurunan peringkat dari 146 ke ranking 147 tahun ini.

 

6 dari 7 halaman

2. Republik Afrika Tengah

2. Republik Afrika Tengah

Skor: 38,87

Negara yang terletak di jantung benua Afrika ini memiliki tingkat kesejahteraan paling rendah di antara negara lain di wilayah yang sama.

 

7 dari 7 halaman

1. Yaman

1. Yaman

Skor: 36,36

Perang penduduk membuat negara ini sulit untuk sejahtera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini