8 Negara Termiskin Paling Berbahaya di Dunia

Oleh Vina A Muliana pada 05 Jan 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 05 Jan 2018, 18:00 WIB
Usai Dilanda Perang, Warga Sudan Menderita Kelaparan dan Krisis Air Bersih
Perbesar
Seorang wanita bernama Alissa Lual minum air dari sebuah kubangan di lokasi proyek pembangunan jalan di dekat penampungan, Sudan Selatan (22/11). (AFP Photo/Albert Gonzalez Farran)

Liputan6.com, New York - Setiap tahunnya, lembaga riset yang bermarkas di Inggris The Legatum Institute merilis Global Prosperity Index yang berisi tingkat kemakmuran sebuah negara. Di tahun kesebelasnya, survei Legatum Institute juga mengeluarkan daftar negara termiskin dan paling berbahaya di dunia.

Ukuran kemakmuran suatu negara didapat Legatum Institute dengan mmenilai 104 variabel berbeda. Beberapa variabel tersebut di antaranya adalah pertumbuhan ekonomi dan pendapatan per kapita dari penduduk.

Selain itu, jumlah pengangguran dan toleransi sosial juga jadi variabel yang diperhitungkan.

Ratusan variabel tersebut kemudian dikategorikan dalam beberapa sub indeks yakni kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, pendidikan, kesehatan, keamanan, kebebasan, dan juga lingkungan.

Hasilnya ternyata banyak negara yang memiliki indeks di bawah rata-rata. Berikut ulasannya melansir prosperity.com, Jumat (5/1/2018)

8. Irak

Skor: 40,60

Meski ISIS sudah mampu diberangus dari negara ini, tingkat keamanan di Irak masih rendah. Seringnya terjadi pertempuran juga membuat masyarakat kerap dalam bahaya.

7. Kongo

Skor: 40,59

Sub indeks keselamatan dari negara ini berada di peringkat paling bawah.

 

2 dari 7 halaman

6. Mauritania

20160618-Indahnya Kebersamaan Saat Berbuka Puasa di Afghanistan-Kabul
Perbesar
Seorang anak duduk diantara umat muslim yang sedang menikmati menu berbuka puasa di sebuah masjid di Kabul, Afganistan, 16 Juni 2016. Tradisi berbuka puasa bersama selama Ramadan merupakan momentum untuk mempererat tali persaudaraan (REUTERS/Omar Sobhani)

Skor: 40,58

Negara di Afrika Utara ini sebenarnya memiliki skor yang cukup bagus untuk ekonomi. Sayangnya, beberapa indeks lain menunjukkan angka yang rendah.

 

 

3 dari 7 halaman

5. Chad

Anak-anak Pengungsi Sudan Terus Berdatangan
Perbesar
Pengungsi Sudan Selatan saat tiba di sebuah pusat transit pengungsi di Kuluba, Uganda utara, Kamis (8/6). Mereka melarikan diri dari perang saudara di Sudan Selatan yang telah memakan korban puluhan ribu jiwa. (AP Photo / Ben Curtis)

5. Chad

Skor: 39,59

Sumber daya alam negara ini cukup banyak. Sayangnya, sumber daya tersebut tidak dikelola dengan baik sehingga membuat beberapa sub indeks di bawah rata-rata.

 

 

4 dari 7 halaman

4. Afganistan

20160724- Suasana Pemakaman Korban Bom Bunuh Diri di Afghanistan -Reuters
Perbesar
Warga membawa peti berisi jenazah korban serangan bunuh diri di Kabul, Afganistan (24/7). Diduga serangan ini dilakukan oleh kelompok ISIS. (REUTERS/Mohammad Ismail)

4. Afganistan

Skor: 38,76

Negara ini terus berperang selama berpuluh-puluh tahun. Oleh sebab itu, negara ini sulit untuk makmur dan keselamatan penduduk berada di bawah standar.

 

5 dari 7 halaman

3. Sudan

Usai Dilanda Perang, Warga Sudan Menderita Kelaparan dan Krisis Air Bersih
Perbesar
Seorang wanita bernama Nybol Madut memberi minum semangkuk alkohol lokal kepada anaknya di tempat penampungan di Sudan Selatan (22/11). (AFP Photo/Albert Gonzalez Farran)

3. Sudan

Skor: 38,39

Kemakmuran Sudan turun drastis dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini juga kembali mengalami penurunan peringkat dari 146 ke ranking 147 tahun ini.

 

6 dari 7 halaman

2. Republik Afrika Tengah

Negara Kawasan Tanduk Afrika Mengalami Kekeringan-AP Photo-20170305
Perbesar
Sejumlah pria mengambil air di sebuah danau di Bandarero, Kenya, Jumat (3/3). Kenya kini tengah menghadapi kekeringan parah dan krisis pangan. (AP Photo / Ben Curtis)

2. Republik Afrika Tengah

Skor: 38,87

Negara yang terletak di jantung benua Afrika ini memiliki tingkat kesejahteraan paling rendah di antara negara lain di wilayah yang sama.

 

7 dari 7 halaman

1. Yaman

Warga berada di puing-puing sejumlah rumah yang dihantam koalisi Arab Saudi di dekat komplek Kementerian Pertahanan Yaman di Sanaa (11/11/2017).
Perbesar
Warga berada di puing-puing sejumlah rumah yang dihantam koalisi Arab Saudi di dekat komplek Kementerian Pertahanan Yaman di Sanaa (11/11/2017). (AP Photo/Hani Mohammed)

1. Yaman

Skor: 36,36

Perang penduduk membuat negara ini sulit untuk sejahtera.

Lanjutkan Membaca ↓