Sukses

Kesiapan PLN Jamin Listrik Aman Saat Malam Pergantian Tahun

PLN Distribusi Jakarta Raya menyiagakan personil dan beberapa peralatan pendukung yang tersebar di 30 posko di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta PLN Distribusi Jakarta Raya memastikan ketersediaan pasokan listrik di Ibu Kota selama malam pergantian tahun.

GM PLN Distribusi Jakarta Raya Ikhsan Asaad mengatakan, berdasarkan tren beban puncak, PLN Distribusi Jakarta Raya memprediksikan kondisi beban puncak tanggal 31 Desember 2017 pada siang hari mencapai 3.551 MW. Sementara pada malam perayaan pergantian tahun diprediksi turun hingga 2.890 MW.

"Sedangkan kondisi beban puncak pada Tahun Baru 2018 terjadi pada malam hari pukul 20.00 WIB yaitu sebesar 3.274 MW," ujar dia di Jakarta, Minggu (31/12/2017).

Di sisi lain, lanjut Ikhsan, PLN Distribusi Jakarta Raya menyiagakan personel dan beberapa peralatan pendukung yang tersebar di 30 posko yang ada di lingkup PLN Distribusi Jakarta Raya dan terutama pada instalasi PLN yang memasok beberapa tempat perayaan Tahun Baru 2018.

Piket siaga dilakukan dalam 3 shift selama 24 jam untuk berjaga-jaga jika terjadi gangguan listrik. PLN juga sudah mulai melakukan inspeksi dan pemeliharaan rutin untuk memastikan instalasi tetap andal, serta membuat prosedur tetap pengamanan pasokan tenaga listrik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daerah Pantauan

Adapun daerah-daerah yang menjadi pantauan khusus saat Tahun Baru yaitu Dunia Fantasi Ancol, Pasar Seni Ancol, Sirkuit Ancol, Hotel Horison, Gelanggang Renang Ancol, PRJ Kemayoran Jakarta, Taman Monumen Nasional (Monas) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Selama masa siaga Tahun Baru, PLN tidak akan melakukan pemadaman terencana untuk kepentingan pembangunan jaringan, rehabilitasi dan atau pemeliharaan jaringan tenaga listrik," kata dia.

Selain itu, penguatan khusus dilakukan dengan mempersiapkan 1 unit UPS Mobile 300KVA, 7 unit Mobil Deteksi, 8 mobil Unit Gardu Bergerak (UGB), 2 mobil Unit Kabel Bergerak (UKB), 10 mobil Unit Diesel Bergerak (UDB), 16 unit Powerbank, dan 4 unit mobil Crane.

"Personel dan peralatan pendukung selalu standby dan memastikan bahwa pasokan jaringan listrik tidak mengalami gangguan sedikitpun dan apabila terjadi gangguan memastikan percepatan pemulihan pasokan listrik guna kelancaran acara yang diselenggarakan," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini