Sukses

Tol Cikarang Utama Bakal Dilalui 80 Ribu Kendaraan Hari Ini

Pengguna jalan tol harus selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi.

Liputan6.com, Jakarta - Volume kendaraan yang melewati gerbang Tol Cikarang Utama terus meningkat jelang pergantian tahun. Hari ini, Sabtu (30/12/2017), jumlah kendaraan yang melintasi gerbang tersebut diperkirakan mencapai 80 ribu kendaraan.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk Dwimawan Heru menuturkan, jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan lalu lintas normal sebesar 75 ribu kendaraan.

"Untuk lalin tanggal 30 Desember 2017 diprediksi mencapai 80 ribu kendaraan atau meningkat 6,6 persen dari lalin normal sebanyak 75 ribu kendaraan," kata dia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu (30/12/2017).

Dia mengatakan, jumlah kendaraan yang melewati tol Cikarang telah melonjak dalam beberapa hari terakhir. Pada Jumat, 29 Desember 2017 lebih dari 87 ribu kendaraan melintas atau meningkatkan 12,5 persen dari jumlah kendaraan normal.

"Peningkatan ini bahkan lebih tinggi dari prediksi sebelumnya sebanyak 86 ribu kendaraan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk mengatur waktu perjalanannya mengingat mulai Minggu, 31 Desember 2017 pukul 00.00 akan mulai diberlakukan pembatasan operasional mobil barang pada masa angkutan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

Selain itu, pengguna jalan tol selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan layak operasi.

"Untuk memastikan kelancaran perjalanan, Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki jalan tol, " ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puncak Ditutup pada Tahun Baru

Tahun baru di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, kali ini akan berbeda dibanding sebelumnya. Untuk kali pertamanya pemerintah akan menerapkan car free night sepanjang jalur Puncak pada malam pergantian tahun.

Polisi akan menerapkan penutupan arus. Hal itu dilakukan selama 12 jam, mulai Minggu 31 Desember 2017 pukul 18.00 WIB hingga Senin, 1 Januari 2018 pukul 06.00 WIB. Lokasi itu akan dijadikan kawasan bebas kendaraan sementara.

"Puncak, saya minta penekanan khusus di Puncak ditutup, car free night tidak ada kendaraan di tanggal 31 Desember malam tahun baru," tutur Tito di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12/2017).

Menurut dia, Polri siap menjamin kelancaran helatan itu. Ia mengatakan, penutupan jalan berlaku di kedua arah jalan.

"Untuk kendaraan naik atau turun," ucap dia.

Tito mengatakan, jalur yang ditutup dimulai dari Ciawi hingga Cianjur dan arah sebaliknya. Kendaraan yang diperbolehkan melintas nanti hanya yang disediakan saja.

Sementara pengunjung lainnya juga dapat menikmati malam tahun baru 2018 dengan berjalan kaki.

"Yang naik saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum jam 18.00 WIB, di atas jam 24.00 WIB tak usah naik lagi ke atas (Puncak). Sebaliknya dari Cianjur juga akan ditutup," Tito menandaskan.

3 dari 4 halaman

Patuhi Imbauan

Satuan Lalu Lintas Polres Bogor mengeluarkan sejumlah imbauan untuk masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun di Puncak. Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengimbau masyarakat agar selalu mematuhi peraturan berlalu lintas.

"Tetap ikuti arahan petugas kepolisian selama pelaksanaan pengamanan jalur Puncak," ujar Hasby di Bogor, Jumat (29/12/2017).

Dia juga meminta pengendara tidak parkir di bahu dan badan jalan. "Tetap sabar di antrean dan tidak melambung mengambil jalur dari arah berlawanan," kata dia.

Selain itu, pengguna jalan harus waspada dan berhati-hati. Terlebih, curah hujan di Puncak cukup tinggi. Kabut pun tebal dan rawan longsor.

Polri memprediksi jalur Puncak akan sangat padat pada pergantian tahun ini. Terlebih ada acara car free night pada malam tahun baru. Polisi pun memberlakukan buka tutup jalur mulai pukul 18.00 WIB, 31 Desember 2017 hingga pukul 06.00 WIB, 1 Januari 2018.

"Penutupan mulai dari Simpang Sirait hingga di daerah Puncak Pass," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, kepada Liputan6.com, Jumat (29/12/2017).

4 dari 4 halaman

Jadwal Buka Tutup

Berikut jadwal buka tutup jalur Puncak:

07.30-11.00 WIB

Bagi Anda yang ingin merayakan pergantian tahun di Puncak, berangkatlah sedari pagi. Pada jam ini, polisi memberlakukan sistem oneway ke atas (Puncak).

13.00-17.00 WIB

Apabila masyarakat dari Cianjur, dapat memasuki Puncak pada jam ini. Polisi memberlakukan oneway turun ke bawah (Puncak) pada waktu tersebut.

18.00 WIB

Jalur Puncak ditutup.

Selama jalur Puncak ditutup, arus lalu lintas dari Jakarta menuju Puncak akan dialihkan via jalur Sukabumi maupun menggunakan jalur Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cariu-Cianjur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.