Sukses

5 Trik biar Bisa Menabung Lebih Banyak di 2018

Mau sukses menabung lebih banya di 2018, beberapa trik ini bisa Anda coba.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu resolusi tahun baru yang banyak diimpikan orang adalah bisa mendapat penghasilan lebih tinggi dan menabung lebih banyak. Sayang, hal ini tidaklah mudah dilakukan. Seringkali resolusi yang sudah ditulis hanya jadi angan-angan semata.

Lalu bagaimana caranya agar hal tersebut tidak terjadi? Ada beberapa cara yang bisa Anda perbuat.

Berikut ulasannya melansir CNBC, Minggu (24/12/2017)

1. Lakukan pekerjaan tambahan

Demi bisa mendapat penghasilan lebih banyak di 2018, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan.

Zaman digital seperti sekarang sudah bukan waktunya lagi berpangku tangan mengandalkan gaji bulanan saja. Ini saatnya untuk Anda manfaatkan waktu dan energi di usia produktif untuk mengoptimalkan produktivitas.

Memiliki bisnis sampingan adalah langkah tepat supaya keran pendapatan keluarga kamu bisa lebih deras mengalir. Ini lah salah satu ide resolusi tahun baru yang penting untuk Anda pertimbangkan.

2. Singkirkan kebutuhan yang tidak benar-benar diperlukan

Anda mungkin punya kebiasaan untuk membeli kopi setiap pagi. Atau selalu makan di restoran ketika jam makan siang tiba. Sebenarnya tidak ada salahnya dengan kebiasaan ini, tapi jika Anda ingin menabung lebih banyak akan lebih baik jika hal-hal ini dikurangi.

Tentunya, uang yang biasanya Anda gunakan untuk berbelanja pun akan bisa dimasukkan ke tabungan.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Selalu perhatikan pengeluaran

Kebanyakan orang akan mengubah gaya hidup menjadi lebih hedonis seiring dengan bertambahnya pemasukan.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah membeli sesuatu karena keinginan bukan kebutuhan. Hal ini semakin diperburuk dengan kondisi pertumbuhan ekonomi yang masih belum stabil.

Untuk itu, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu memperhatikan kemana pengeluaran Anda bermuara. Jangan sampai Anda selalu mengeluarkan uang untuk membeli hal-hal yang tidak perlu. Anda juga bisa menyimpan setiap struk belanja agar lebih mudah melakukan hal ini.

4. Buat daftar belanja

Saat berbelanja, sebaiknya Anda membawa catatan yang berisi daftar barang apa saja yang harus dibeli. Hal ini bertujuan untuk menghemat uang belanja yang akan Anda keluarkan. Biasanya dengan membawa catatan, Anda hanya akan membeli apa saja yang tertera di kertas tersebut. Namun jika Anda tidak membawa catatan belanja tersebut, bisa-bisa Anda malah belanja barang-barang lain yang tidak dibutuhkan.

5. Lunasi hutang

Selama ada utang, keinginan Anda untuk menabung lebih banyak akan selalu sulit untuk dilakukan. Untuk itu, cobalah mengatur portfolio hutang sebelum membuat rencana keuangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.