Sukses

Lunasi Utang Jadi Resolusi Keuangan 2018? Simak Dulu Strategi Ini

Membayar utang dapat menjadi resolusi keuangan pada tahun baru.

Liputan6.com, Jakarta - Membayar utang dapat menjadi resolusi keuangan pada tahun baru. Akan tetapi, agar membentuk kebiasaan baik dengan tidak berutang dan benar-benar melakukannya menjadi sesuatu hal berbeda.

Dengan sejumlah pendekatan untuk membangun kebiasaan baik, bagaimana pun dapat membantu Anda menguasai utang pada tahun baru. Profesor Florida State University Jon Bailey menuturkan, ada sejumlah prinsip psikologi yang perlu diterapkan untuk membantu Anda menjalankan kebiasaan yang berkelanjutan.

"Pendekatan umum berasal dari pengelolaan diri. Anda harus mengenal diri dan lingkungan sehingga dapat membantu membentuk kebiasaan, misalkan untuk melunasi utang," ujar dia.

Berikut sejumlah taktik untuk membantu Anda melunasi utang pada tahun baru seperti dikutip dari laman USA Today, Kamis (21/12/2017):

1. Tahu apa saja utang Anda

Buat inventarisasi utang Anda termasuk jumlah dan tingkat suku bunga. Tambahkan kemudian berapa banyak utang yang harus Anda bayar.

Selain itu, mendefinisikan tujuan keuangan Anda seperti bebas utang juga bisa membantu Anda mewujudkannya. "Melihat gambaran dengan jelas dan mengetahui nilai tidak memiliki utang dapat memotivasi untuk tetap jalani kebiasaan baik," ujar Perencana Keuangan Weslia Echols.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin Lunasi Utang

2. Pisahkan menjadi tugas lebih kecil

Fokus pada langkah kecil setiap sehari untuk mencapai tujuan Anda. Coba berapa banyak dari penghasilan yang diberikan untuk lunasi utang setiap bulan. Kemudian pilih metode untuk melunasi utang.

Pertimbangkan pakai metode bola salju dengan melunasi utang lebih kecil dahulu kemudian bertahap hingga terbesar. Ini juga agar dapat memotivasi melunasi utang-utang Anda. Selanjutnya pangkas biaya-biaya yang tidak diperlukan agar bisa melunasi utang Anda.

Saat memangkas Anggaran, Bailey menuturkan kuncinya ibarat jika Anda pergi makan malam ke restoran selama empat kali dalam seminggu kemudian Anda berhemat dengan hanya pergi tiga kali dalam seminggu. "Bila cara ekstrem dengan memangkas anggaran secara keseluruhan itu tidak akan bertahan," ujar dia.

3. Pertahankan kedisiplinan untuk lunasi utang

Coba telusuri bagaimana kemajuan Anda melunasi utang. Bila Anda tidak berada jalur benar maka pertimbangkan untuk menjatuhkan sanksi kepada diri Anda.

4. Perlakukan diri Anda dengan baik

Beri penghargaan saat Anda membuat kemajuan. Jika Anda mampu melunasi utang secara bertahap dapat memberi hadiah kecil untuk merayakannya. Ini dapat jadi motivasi bagi Anda untuk tetap disiplin melunasi utang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.