Pembangkit PLN Raih 1 Proper Emas dan 13 Proper Hijau di 2017

Oleh Fitriana Monica Sari pada 19 Des 2017, 11:20 WIB
Diperbarui 19 Des 2017, 11:20 WIB
Pembangkit PLN Raih 1 Proper Emas dan 13 Proper Hijau di 2017
Perbesar
Pembangkit PLN Raih 1 Proper Emas dan 13 Proper Hijau di 2017

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) melalui anak perusahaan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) berhasil meraih Proper Emas dalam ajang Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK) Tahun 2017.

Tak hanya itu saja, ke-13 pembangkit PLN lainnya yang dikelola oleh PLN, PT Indonesia Power (IP), anak perusahaan PLN, dan PJB juga diganjar Proper Hijau pada ajang penghargaan Proper kali ini.

Proper Emas untuk PLN diraih oleh PLTU Paiton yang dikelola oleh PJB. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Direktur Utama PJB Iwan Agung Firstatara di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (18/12/2017).

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) memberikan penghargaan Proper Emas kepada Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Iwan Agung Firstantara (kiri) sebagai perusahaan yang ramah dan peduli lingkungan hidup di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (18/12). Sebagai pengelola PLTU Paiton yang meraih penghargaan tertinggi sebagai perusahaan yang ramah dan peduli lingkungan hidup, selain itu 13 pembangkit PLN lainnya meraih Proper Hijau.

Sedangkan 13 pembangkit PLN yang mendapat Proper Hijau adalah PLTGU Priok IP, PLTGU Gresik PJB, PLTGU Muara Karang PJB, PLTU Labuan IP, PLN Tanjung jati B, PLTP Kamojang IP, PLTG Gilimanuk IP, PLTD Pesanggaran IP, PLTGU Cilegon IP, PLTGU Muaratawar PJB, PLTGU Tambaklorok IP, PLTU Asam-asam PLN, dan PLTU Indralaya PLN.

“Bagi kami Proper Emas dan Hijau dari KLHK ini penting sebagai legitimasi bahwa pengelolaan lingkungan yang dilakukan PLN bersama anak perusahaannya sudah sesuai yang digariskan pemerintah, bahkan melebihi dari yang dipersyaratkan serta berhasil menciptakan keunggulan lingkungan dan bertanggung jawab terhadap masyarakat,” ungkap Direktur Utama PJB, Iwan Agung Firstantara.

2 dari 2 halaman

Peduli Lingkungan

Iwan Agung menjelaskan, usaha di bidang pembangkitan energi listrik berpotensi terhadap gangguan lingkungan.

“Itu sebabnya, sejak didirikan taun 1995 PJB berkomitmen peduli terhadap lingkungan yang diwujudan dalam program green and clean power plant. Program untuk mewujudkan lingkungan pembangkitan yang bersih dan asri,” ujar Iwan Agung.

Menurut Agung, lingkungan dalam hal ini bukan hanya alam sekitar, tetapi juga masyarakat sekitar.

Kepedulian terhadap lingkungan diwujudkan dalam bentuk efisiensi pemanfaatan sumber daya alam dan peningkatan keaneragaman hayati, sedangkan kepedulian terhadap masyarakat diwujudkan PJB dalam bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program CSR.

Untuk informasi, Proper Emas merupakan penghargaan tertinggi dan terbaik bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia yang peduli terhadap lingkungan.

Pada 2017, KLHK menetapkan 19 perusahaan sebagai penerima penghargaan Proper Emas dan 150 perusahaan sebagai penerima penghargaan Proper Hijau, sedangkan 1.486 perusahaan mendapat peringkat Biru, 130 perusahaan berperingkat Merah, dan 1 perusahaan berperingkat Hitam.

Lanjutkan Membaca ↓