Sukses

PLN Pulihkan Pasokan Listrik di Wilayah Dekat Pusat Gempa

Gempa membuat jaringan saluran tegangan tinggi 150 kilovolt (kV) dari Gardu Induk Karang Nunggal tidak beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) segera memulihkan jaringan kelistrikan di wilayah yang berdekatan dengan pusat[ gempa]( 3197896 "") yang melanda Jawa Barat pada Jumat (15/12/2017). Pemulihan jaringan untuk memastikan pasokan listrik ke daerah tersebut normal.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Barat‎ Iwan Ridwan mengatakan, wilayah yang terdapat jaringan listrik PLN dan berdekatan dengan pusat gempa, yaitu Karang Nunggal Tasikmalaya.

Gempa membuat jaringan saluran tegangan tinggi 150 kilovolt (kV) dari Gardu Induk Karang Nunggal tidak beroperasi.

"SUTT 150 tidak roboh, tetapi berhenti beroperasi, saat ini sedang dilakukan‎ investigasi," kata Iwan saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Agar masyarakat tetap bisa menggunakan listrik, PLN kemudian mengalihkan beban ke tiga jaringan, yaitu Darigi Tasik, Pemengpet, dan Pangandaran. "Jadi pasokan listrik di Karang Nunggal ‎tetap normal, tidak ada pemadaman," ujar Iwan.

Iwan melanjutkan, gempa juga membuat‎ infrastruktur penyulang ke arah Batu Hiu 20 kV tidak beroperasi. Saat ini tim dari PLN Distribusi Jawa Barat sedang melakukan investigasi untuk memastikan kondisinya, sehingga bisa ditindaklanjuti untuk pemulihan.

Akibat tidak beroperasinya penyulang, sebagian daerah di Pangandaran mengalami pemadaman. Menurut Iwan, pihaknya bergerak cepat untuk menormalkan pasokan listrik.

Demikian pula di wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa lainnya, yaitu Banjar dan Garut‎ sempat mengalami gangguan. Akan tetapi, saat ini dipastikan pasokan listrik sudah normal kembali.

"Di Banjar ada empat penyulang dekat lokasi gempa, sudah ada penormalan. Garut ada beberapa titik tidak parah, hanya ada besi di tiang yang melorot kita sudah perbaiki juga,"‎ jelasnya.

Untuk kondisi kelistrikan di wilayah Jawa Barat lain yang terguncang gempa, Iwan belum bisa ‎menyebutkan statusnya karena masih dalam pendataan. Meski demikian, PLN telah menyiapkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

‎"Saya infokan data sementara. Saya sudah monitor bagaimana kejadian tadi malam. Saya minta teman rayon masing-masing kalau masyarakat butuh bantuan, kita buka tenda," dia menandaskan.

 

Tonton Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gempa 6,9 SR Melanda Tasikmalaya

Sebelumnya, gempa 6,9 skala Richter (SR) mengguncang Tasikmalaya, Jawa Barat.  BMKG merilis gempa itu berkekuatan 7,3 SR. Pusat gempa berada di 11 km Tasikmalaya dengan kedalaman 107 km.

"Perbaikan parameter gempa menjadi 6,9 SR dengan pusat gempa 11 km Tasikmalaya pada kedalaman 107 km di titik koordinat 7,75 Lintang Selatan (LS) dan 108,11 Bujur Timur (BT) pada Jumat, 15 Desember 2017, pukul 23.47.57 WIB," tulis BMKG dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com.

Gempa Tasikmalaya tersebut berpotensi tsunami. Warga pesisir sempat diimbau menjauhi pantai. Namun, peringatan itu kemudian dicabut pukul 02.30 WIB.

"Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:6.9 SR, tanggal: 15-Dec-17 23:47:58 WIB, dinyatakan telah BERAKHIR pada 16/12/2017 pukul 02.30 WIB, Masyatakat dihimbau untuk pulang ke rumah masing-masing dengan tenang. Cek kondisi rumah sebelum masuk," kata Kapusdatin Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho‏ dalam akun Twitternya @Sutopo_BNPB.‎

.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.