Jadi Saksi Sejarah, Ini 5 Pistol Antik Termahal di Dunia

Oleh Fitriana Monica Sari pada 14 Des 2017, 06:15 WIB
Diperbarui 14 Des 2017, 06:15 WIB
Pistol Mainan
Perbesar
Ilustrasi Foto Pistol Mainan (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Pistol adalah salah satu jenis senjata yang memiliki ukuran dan laras yang cukup pendek. Pistol pertama kali dibuat pada abad ke-16 dan menjadi salah satu senjata yang digunakan oleh tentara pada saat itu. Pada pembuatan pertama adalah pistol berjenis revolver.

Seiring perkembangan zaman, pistol revolver pertama menjadi sangat diminati di pasar lelang. Mulai dari pistol milik Simon Bolivar hingga George Washington. Kini, banyak pistol revolver yang memiliki nilai fantastis. Harganya bahkan mencapai miliaran rupiah karena pistol itu termasuk barang bersejarah.

Penasaran dengan bentuk dan harganya? Dilansir dari laman ftknox.com, Kamis (14/12/2017,) berikut penampakan lima Pistol Revolver termahal di dunia beserta harganya:

5. Texas Ranger Sam Wilson's Colt Walker

ftknox.com

Pistol revolver ini adalah milik dari seorang Texas Ranger, yaitu Sam Wilson. Pistol ini dibuat pada tahun 1847 yang menjadikan pistol ini sebagai pistol pertama yang menggunakan black powder. Pistol ini menggunakan peluru kaliber 44 dan dapat menempuh jarak tembakan sejauh 200 yards. Harga pistol ini senilai US$ 920 ribu atau Rp 12,45 miliar (kurs US$ 1=Rp 13.543).

 

4. Colt Paterson Revolver

ftknox.com

Pistol ini adalah pistol pertama yang dipatenkan oleh Samuel Colt pada tahun 1836. Desain dari pistol ini dapat menembakkan banyak peluru tanpa harus melepas pelatuk pistol tersebut. Berkat hasil karyanya, hingga saat ini semua pistol revolver modern menggunakan desain pistol tersebut. Harga pistol ini senilai US$ 977.500 atau Rp 13,23 miliar.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Gold-Inlaid Colt Model 1849

ftknox.com

Pistol ini berasal dari model Paterson yang sedikit dimodifikasi. Pistol ini sangatlah praktis untuk dibawa-bawa. Berbeda dengan model Paterson pertama yang memiliki laras panjang, pistol ini memiliki laras yang cukup pendek. Setelah model ini tersedia di pasaran, pistol ini sangatlah diminati dibanding model Paterson yang pertama. Harga pistol ini senilai US$ 1,1 juta atau Rp 14,89 miliar.

 

2. Simon Bolivar's Flintlock Pistols

ftknox.com

Sepasang pistol ini adalah milik seorang pemimpin tentara Venezuela, yaitu Simon Bolivar. Saat revolusi Amerika Selatan dengan Spanyol, ia mengambil alih untuk membebaskan Kolombia, Venezuela, Panama, Ekuador, dan Peru. Ia juga membantu mendirikan serikat kerja pertama di Amerika Latin dan menjadi presiden di serikat kerja tersebut.

Pistol ini selalu ia gunakan dalam setiap peperangan yang ia jalani. Pistol ini hanyalah pistol biasa, namun si pengguna lah yang sangat luar biasa. Hal itu membuat pistol ini memiliki harga yang cukup fantastis, yaitu senilai US$ 1,76 juta atau Rp 23,83 miliar.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

1. George Washington's Saddle Pistols

ftknox.com

Sepasang pistol pelana ini adalah milik Presiden Amerika Serikat pertama, yaitu George Washington. Pistol ini adalah pemberian dari seorang warga Perancis yang bernama Marquis de Lafayette khusus untuk George.

Selama perang revolusi, ia selalu menggunakan pistol ini sebagai senjata utamanya. Pistol ini sangatlah indah dengan bertahtakan emas dan berukirkan rococo, sebuah arsitektur abad ke-18. Harga pistol ini senilai US$ 1,98 juta atau Rp 26,81 miliar.

Bagaimana menurutmu, apa harganya sesuai dengan barangnya?

Lanjutkan Membaca ↓