Sukses

Libur Panjang, Mobil di Gerbang Tol Cikarang Diprediksi Melonjak

Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi volume lalu lintas kendaraan yang melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama saat liburan Maulid Nabi yang jatuh pada 1-3 Desember 2017 meningkat signifikan.

Diprediksi, puncak arus mudik saat momen libur panjang pekan ini, melalui GT Cikarang Utama arah Jakarta terjadi pada H-1 yakni Kamis, 30 November 2017 ini. Jumlah kendaraan diprediksi naik mencapai 98.065 kendaraan.

"Artinya, volume lalu lintas di GT Cikarang Utama naik sebesar 31,13 persen, dari lalin normal sebesar 74.785 kendaraan," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangannya, Kamis (30/11/2017).

Untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikarang Utama dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga melakukan upaya-upaya, di antaranya sinkronisasi pelaksanaan tahapan pekerjaan proyek dengan pengaturan kegiatan proyek yang berpotensi mempengaruhi kondisi lalu lintas selama periode libur panjang.

Kemudian pendistribusian/pengurangan beban lalu lintas pada kondisi peak hour dengan pengalihan rute perjalanan di tol/ke jalan arteri alternatif. 

Jasa Marga juga meningkatkan kemampuan monitoring dan mengidentifikasi jam-jam padat. Serta meningkatkan kapasitas lajur dengan rekayasa lalu lintas contraflow atas diskresi pihak kepolisian. 

Adapula peningkatan kapasitas GT Cikarang Utama dengan menggunakan gardu reversible dan gardu portable di GT Cikarang Utama pada jam-jam padat menjadi 20 gardu masuk dan 31 gardu keluar.

Percepatan response time penanganan gangguan lalu lintas dengan penempatan petugas dan unit layanan lalu lintas pada lokasi rawan kepadatan.

Langkah lain, pengaturan dengan buka/tutup di rest area saat terjadi kepadatan menuju rest area dan pengoperasian parking bay di Km 18 A, Km 41 A, Km 59 A, Km 58 B, Km 34 B. Serta memaksimalkan fungsi media komunikasi, antara lain Twitter dan JMCARe.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan Jasa Marga

Dwimawan Heru menambahkan, selain itu Jasa Marga telah memastikan kesiapan operasional untuk merealisasikan strategi-strategi yang berguna untuk mengurai kepadatan kendaraan.

Langkah itu, kata dia, di antaranya dengan mempersiapkan petugas Call Center dengan nomor 14080, pemantauan kondisi lalu lintas melalui CCTV, penyampaian informasi lalu lintas melalui 17 VMS dan aplikasi mobile JMCARe, serta menyediakan layanan informasi kondisi lalu lintas terkini yang disampaikan melalui beberapa radio swasta.

"Guna membantu kelancaran arus lalu lintas, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan, serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top-up uang elektronik sebelum memasuki tol," ucap Heru.

Untuk kenyamanan, Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup. Selain itu, para pengguna jalan juga diimbau untuk memastikan estimasi waktu tempuh, mengingat saat libur panjang ini, tidak ada pembatasan kendaraan berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini