Mau Jadi Pebisnis Sukses seperti Jack Ma? Ini 5 Tipsnya

Oleh Vina A Muliana pada 24 Nov 2017, 06:17 WIB
Diperbarui 24 Nov 2017, 06:17 WIB
Tampil Santai, Jack Ma Sumbang Suara di Festival Musik Yunqi
Perbesar
Ekspresi pendiri dan ketua eksekutif Alibaba Group, Jack Ma saat menyanyikan sebuah lagu dalam Festival Musik Yunqi di Hangzhou, China (11/10). Festival ini merupakan bagian dari Konferensi Komputasi di Kota Yunqi. (AFP Photo/STR/China Out)

Liputan6.com, Beijing - Bos Alibaba Jack Ma sering didapuk sebagai sosok pengusaha sukses. Meski tidak dilahirkan dari keluarga yang kaya raya, Jack Ma berhasil mereguk kesuksesan dan membesarkan perusahaan teknologi kelas dunia.

Dalam sambutannya di acara Jumpstarter 2017 start-up competition di Hong Kong, Jack Ma berbagi tips agar bisa menjadi pebisnis yang sukses. Berikut ulasannya dilansir dari South China Morning Post, Kamis (23/11/2017):

1. Selalu optimistis

Jack Ma menilai, sifat pertama yang harus dimiliki pengusaha jika ingin sukses adalah selalu optimistis. Mereka juga harus bisa jeli melihat permasalahan yang ada di masyarakat.

"Anda harus optimistis. Selalu optimistis. Pengusaha yang sukses selalu yakin dengan masa depan. Anda juga harus bertanya masalah apa yang bisa dihadapi dan bagaimana bisa mencari solusi yang berbeda dari orang lain," tuturnya.

2. Pandai memilih teman

Tidak ada orang yang bisa sukses tanpa kerja sama dengan orang lain. Untuk itu perlu bagi Anda, kata Jack Ma, menemukan orang yang memiliki mimpi yang sama. Dengan ini, kesuksesan yang sebelumnya angan-angan bisa jadi nyata.

"Anda tidak harus menemukan orang-orang terbaik di dunia. Orang terbaik itu adalah mereka yang bekerja bersama Anda dalam tim," jelas Ma.

3. Rela berkorban

Perjalanan menuju sukses tidaklah mudah. Akan banyak rintangan dan pengorbanan yang harus dibuat. Tapi, saat menghadapi hal ini Anda tidak boleh menyerah.

 


Selanjutnya

4. Cari peluang yang belum banyak diambil orang

Jack Ma menuturkan, kesuksesannya mendirikan Alibaba adalah karena dulu tidak banyak orang yang mengira internet bisa mengubah hidup banyak orang. Peluang inilah yang kemudian dia manfaatkan sebaik-baiknya hingga mampu mendirikan perusahaan sukses.

"Ketika semua orang bilang ya, maka tidak ada kesempatan lagi bagi Anda. Jadilah unik, gunakan akal untuk berpikir apa yang bisa Anda lakukan berbeda," pungkasnya.

5. Jangan tunggu waktu yang tepat

Jangan menghabiskan waktu untuk mencari momen yang tepat. Bagi Jack Ma, seorang pengusaha sukses tidak akan menyia-nyiakan waktu yang ia punya.

"Jangan menunggu lingkungan siap. Jangan menunggu kebijakan pemerintah. Ketika semuanya sudah tersedia, peluang Anda justru sudah diambil orang," kata Jack Ma.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya