Sukses

Belanja Kebutuhan Libur Akhir Tahun Lebih Baik dari Sekarang?

Tanpa terasa akhir tahun sudah kian mendekat. Itu artinya, momen liburan panjang akan segera tiba.

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa terasa akhir tahun sudah kian mendekat. Itu artinya, momen liburan panjang akan segera tiba. Bagi Anda yang sejak awal tahun berencana meluangkan waktu dan biaya untuk liburan akhir tahun, apakah sudah menyiapkan segala kebutuhan termasuk belanja keperluan liburan?

Jika belum, November adalah waktu terbaik untuk melakukannya. Mau tahu alasannya? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Tidak suka hiruk pikuk belanja akhir tahun

Mumpung masih November, di mana kondisi pusat perbelanjaan dan toko-toko online masih relatif tenang, saatnya untuk memenuhi kebutuhan. Bila Anda bukan orang yang suka dengan keramaian dan hiruk pikuk belanja, jangan paksakan diri untuk menunggu shopping season.

Alasan lainnya, jalanan pasti akan jauh lebih macet karena orang berbarengan keluar untuk berbelanja. Belum lagi kita harus antre baik di parkiran maupun saat menunggu transaksi di kasir.

2. Akhir tahun, jasa pengiriman akan lebih sibuk

Jangan dikira masalah belanja online yang ribet pada akhir tahun akan terjawab jika kita belanja secara online. Karena lonjakan pembeli yang tinggi pada akhir tahun, perusahaan logistik biasanya mengalami kesibukan luar biasa.

Belum tentu, lho, barang yang Anda pesan tiba di tempat tujuan tepat waktu. Nah, jika ingin menghindari masalah tersebut, Anda bisa memilih belanja online mulai dari sekarang.

3. Harga tiket masih normal

Salah satu kebutuhan penting saat liburan adalah tiket perjalanan. Kebutuhan satu ini pun sering kali menjadi pengeluaran terbesar. Untuk itu, bagi Anda yang berniat berlibur pada akhir tahun segeralah mengamankan tiket perjalanan baik itu tiket kereta api, pesawat ataupun bus.

Salah satu keuntungan memulai belanja tiket sebelum musim liburan adalah harga yang masih normal. Jadi, jika ingin berhemat segeralah belanja dari sekarang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Beban belanja jadi tidak berat

Keuntungan memulai belanja kebutuhan liburan dari sekarang adalah beban biaya yang terbagi. Jadi, keuangan Anda pada akhir tahun tidak terlalu terbebani. Bayangkan jika semua kebutuhan liburan harus ditebus menggunakan anggaran akhir tahun.

Padahal, selain liburan ada banyak pengeluaran lain yang bisanya meningkat seiring harga barang kebutuhan hidup yang naik pada bulan Desember hingga awal Januari.

5. Menghindari dorongan untuk belanja gila-gilaan

Akhir tahun adalah momen bagi penjual untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Oleh karenannya, iklan dan promosi seperti diskon akan digencarkan untuk menarik minat konsumen. Karena gencarnya penawaran, biasanya masyarakat pun terlena dan melakukan belanja di luar kebutuhan.

Jika Anda sudah menyelesaikan pembelian sejumlah kebutuhan penting, hal seperti ini bisa dihindari. Nah, jadi tunggu apa lagi, cicil belanja kebutuhan liburan Anda sekarang juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.