Sukses

Presiden Jokowi Mantu, Bandara Adisoemarmo Buka 24 Jam

Penambahan jam operasional ini untuk memfasilitasi kedatangan penerbangan tambahan di luar jadwal reguler ke Bandara Adi Soemarmo.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura I (Persero) ikut ambil bagian dalam kelancaran hajatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Angkasa Pura menambah jam operasional Bandara Adi Soemarmo di Solo.

Penambahan jam operasional ini untuk memfasilitasi kedatangan penerbangan tambahan di luar jadwal penerbangan reguler ke Bandara Adi Soemarmo dan mengantisipasi kepadatan di terminal.

"PT Angkasa Pura I (Persero) cabang Bandara Adi Soemarmo, Solo, juga menambah jam operasi bandara menjadi 24 jam pada Selasa (7/11) dan Rabu (8/11) serta akan menghentikan seluruh pekerjaan beautifikasi terminal bandara pada Rabu (8/11)," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi dalam keterangannya, Selasa (7/11/2017).

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I (Persero) Wendo Asrul Rose menambahkan, guna mendukung kelancaran ini, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti pihak maskapai, groundhandling, TNI Angkatan Udara, dan Direktur Bandar Udara Kementerian Perhubungan Bintang Hidayat.

Kemudian Kepala Otoritas Bandara Wilayah III Dadun Kohar. Koordinasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan operasional bandara dalam melayani penumpang umum dan tamu undangan acara pernikahan Presiden Joko Widodo.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pastikan kegiatan operasional, terutama terkait keamanan dan keselamatan penumpang di bandara, dapat berjalan dengan lancar," ujar Wendo Asrul Rose. Selain itu, untuk menjaga kenyamanan tamu undangan yang akan melakukan perjalanan pulang melalui Bandara Adi Sumarmo, AP I juga menyiapkan fasilitas ruang tunggu Concordia Executive Lounge.

Di sini para tamu bisa menikmati fasilitas yang memanjakan, seperti akses langsung ke parkir pesawat, reflexology, bufet makanan dengan menu khas Solo, internet corner, Wi-Fi, fasilitas rapat, musala, dan layanan lainnya yang dapat menampung 200 bangku. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Maskapai Tambah Penerbangan ke Solo

Upaya memenuhi permintaan transportasi udara, sejumlah maskapai menambah frekuensi penerbangannya ke Solo. Seperti maskapai Garuda Indonesia, yang selain menambah frekuensi juga meningkatkan volume kapasitas pesawatnya.

"Untuk tanggal 7 dan tanggal 9 November kita ada extra flight dengan A330 dengan kapasitas 260 seat," kata Manajer Corporate Communication Garuda Indonesia Ikhsan Rosan kepada Liputan6.com, Selasa (7/11/2017).

Selain menambah frekuensi penerbangan, Ikhsan juga mengaku meningkatkan volume penerbangan dengan mengganti salah satu pesawatnya dengan wide body, seperti Airbus A330.

Dengan demikian, per hari ini penerbangan Garuda Indonesia ke Solo menjadi enam kali dalam satu hari.

"Penerbangan reguler saja load factor-nya mencapai 95 persen, biasanya 70 persen," ucap dia. Tidak hanya Garuda Indonesia, maskapai lainnya, Sriwijaya Air, juga melakukan penambahan frekuensi penerbangan.

Manajer Corporate Communication Sriwijaya Air Agus Sujono mengatakan, Sriwijaya Air menambah satu penerbangan ke Solo dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800NG.

"Dengan adanya tambahan penerbangan ini, maka ada empat kali penerbangan satu harinya. Itu akan beroperasi tanggal 8 November saja," tegas dia. (Yas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.