Sukses

Saat Jokowi Tak Bisa Bedakan BUMN PT SMI dan Sri Mulyani

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan gubernur, bupati dan walikota di Istana Negara, siang ini.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan gubernur, bupati dan walikota di Istana Negara, siang ini. Banyak hal yang dibahas oleh kepala negara, salah satunya soal pembiayaan pembangunan di daerah.

Hal menarik terjadi ketika Jokowi tidak bisa membedakan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan salah satu BUMN di sektor pembiayaan infrastruktur, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Berkaitan dengan inovasi pembiayaan kalau ada di daerah-daerah Saudara ingin bangun rumah sakit, pasar, income dari situ jelas bisa pinjam ke PT SMI, itu apa? Sri Mulyani Indrawati?," ujar dia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang turut hadir di acara tersebut pun memberikan penjelasan kepada Presiden Jokowi, jika yang dimaksud PT SMI adalah Sarana Multi Infrastruktur.

"Sarana Multi Infrastruktur, bisa pinjam ke PT SMI, punya Bu Sri Mulyani Indrawati. Mirip-mirip sih, yang satu Sri Mulyani Indrawati, satu Sarana Multi Infrastruktur, namanya panjang banget," kata dia.

Menurut Jokowi, jika para kepala daerah ini memang ingin melakukan pembangunan di wilayahnya namun terhambat soal pembiayaan, maka dipersilahkan mengajukan pinjaman ke PT SMI.

"Bunganya kurang lebih 6,9 persen. Kalau pinjam bank berapa? Tapi ini juga dilihat di lapangan, dilihat business plannya seperti apa, dilihat proyeknya seperti apa. Tapi ini alternatif pembiayaan yang kalau Bapak Ibu belum kenal ada namanya PT SMI, nanti dicicil lewat APBD per tahun," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati
    Sri Mulyani Indrawati kini menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja.

    Sri Mulyani

Video Terkini