Sukses

Cek 5 Hal Penting Ini Sebelum Beli Apartemen Murah

Apartemen merupakan hunian alternatif yang bisa dipilih masyarakat urban yang bekerja di kota.

Liputan6.com, Jakarta - Apartemen sudah banyak menjamur di kota-kota besar. Selain mahal, apartemen juga menyediakan berbagai fasilitas yang tidak didapat dari membeli rumah tapak. Namun, banyak juga pengembang yang menawarkan apartemen murah dengan beberapa fasilitas yang dijanjikan.

Apartemen merupakan hunian alternatif yang bisa dipilih masyarakat urban yang bekerja di kota. Selain itu, harga jualnya juga terbilang cukup lebih murah ketimbang rumah tapak. Tapi, harga murah yang ditawarkan bukan jaminan apartemen itu akan menjadi pilihan yang tepat.

Apartemen yang murah dan terjangkau bisa jadi mempunyai beberapa kekurangan tapi bisa juga memberi banyak keuntungan. Untuk itu, perlu kejelian dalam memilih. Beberapa hal berikut perlu dapat perhatian ketika memutuskan untuk membeli apartemen seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Cek Lokasi Apartemen Berdiri

Sebelum memutuskan untuk membeli apartemen murah, kita sebaiknya memerhatikan dulu lokasi tempat apartemen tersebut berdiri. Juga beberapa pertimbangan mengenai lingkungan sekitar apartemen.

Apakah lokasi dapat diakses fasilitas umum dan dekat dengan sekolah. Lokasi yang dapat dijangkau fasilitas umum akan membantu kita apabila tinggal dekat apartemen tersebut.

2. Perhatikan Sarana dan Akses Transportasi

Selain dekat dengan fasilitas umum perhatikan juga apakah akses transportasi di sekitar apartemen mudah dijangkau. Perhitungkan jaraknya, seberapa jauhkah dari pusat kota.

Paling penting, apakah akses transportasi di sekitar apartemen dapat menjangkau dalam waktu singkat tempat kita bekerja. Akan sulit nantinya kalau akses atau sarana transportasi kurang memadai sekalipun menggunakan kendaraan pribadi.

3. Perhatikan Keamanan

Faktor keamanan juga merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Apakah pihak pengembang memerhatikan hal itu ataukah apartemen tersebut sudah mempunyai sistem keamanan yang mumpuni. Apalagi apartemen yang berlokasi di kota-kota besar.

Isu keamanan merupakan isu yang tidak bisa dianggap remeh. Perhatikan juga apakah apartemen mempunyai keamanan untuk kendaraan yang terparkir. Biasanya pihak pengembang yang bonafide akan memerhatikan kemanan dengan memasang CCTV. Atau menggunakan sistem keamanan parkir yang mumpuni dengan menggunakan one gate system.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Perhatikan Ligkungan Sekitar

Selain kemanan, lingkungan  sekitar di luar apartemen juga hal yang harus diperhatikan. Apakah lingkungan tempat apartemen mempunyai sanitasi yang baik dan terbebas dari banjir atau juga mudah dalam membuang sampah?

Kita juga harus memerhatikan apakah lingkungan apartemen dekat dengan tempat hiburan malam dan lain sebagainya. Apabila kita mempunyai anak tentu saja hal ini akan sangat menggangu tumbuh kembang putra-putri kita.

5. Perhatikan Fasilitas yang Diberikan

Periksa juga apakah apartemen memberikan fasilitas-fasilitas pendukung, seperti air dan fasilitas listrik yang memadai. Jangan sampai ketika aliran listrik PLN padam apartemen tidak mempunyai cadangan daya untuk penghuni. Dan masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang perlu kita dipertimbangkan.

Memilih Hunian yang Sehat

Memilih hunian yang baik untuk kita dan keluarga tidak hanya dilihat dari sisi aspek kesehatan secara fisik saja, tetapi juga harus memerhatikan kesehatan yang berhubungan dengan sosial juga.

Jangan sampai apartemen yang akan dihuni mempunyai lingkungan yang tidak sehat dan dapat menggangu kenyamanan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini