Sukses

Bikin Iri, 5 Orang Ini Sukses Temukan Harta Karun Berlimpah

Sejumlah orang sangat beruntung dan bisa mendapatkan kekayaan berlimpah dalam waktu singkat berkat penemuan harta karun.

Liputan6.com, Jakarta - Bisa jadi orang kaya dan tercukupi semua materi dalam hidup tentu merupakan impian dari semua orang. Hal ini agaknya sulit diwujudkan dalam waktu singkat karena memerlukan kerja keras dan ketekunan yang tinggi.

Meski demikian, ada beberapa orang yang sangat beruntung dan bisa mendapatkan kekayaan berlimpah dalam waktu singkat. Ini dikarenakan mereka mampu menemukan harta karun di tempat yang tidak disangka-sangka. Beberapa harta karun ini memiliki nilai sangat mahal karena berusia lebih dari 1.000 tahun yang lalu.

Berikut lima orang yang kaya mendadak karena mampu menemukan harta karun dikutip dari CNN, Telegraph, dan mirror.co.uk;

1. Mike Smale

Penemu koin zaman romawi senilai Rp 3,5 miliar

Pria yang berprofesi sebagai nelayan ini mampu kaya mendadak setelah menemukan tumpukan koin kuno bernilai 200 ribu pound sterling atau Rp 3,5 miliar di sebuah sawah di daerah Bridport, Inggris.

Penemuan tersebut berhasil dilakukannya hanya dengan bermodalkan sebuah detektor logam. Setelah ditelisik, koin yang ditemukannya tersebut berusia 2.000 tahun dan berasal dari zaman romawi.

Mike Smale setelah menemukan harta karun (foto: SNSW)

Mike Smale sendiri mengaku kaget saat menemukan satu koin murni tersebut. Sesaat setelah detektor logamnya berbunyi, ia segera menggali tanah pertanian tersebut dan menemukan sekitar 600 buah koin kuno langka.

"Ini sangat luar biasa, penemuan besar yang kualami sekali seumur hidup. Saya sudah menemukan satu atau dua peninggalan Romawi pagi itu," ungkap Mike seperti dilansir dari Mirror.co.uk.

 Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penemu koin jarahan masa perang Sipil Inggris

2. Owen Johnson

Penemu koin jarahan masa perang Sipil Inggris

Owen Johnson bersama anak dan istrinya (dailymail)

Pada 2012, Owen Johnson sedang memeriksa lubang yang digali di kebunnya oleh para pekerja bangunan. Kemudian terlihat olehnya suatu pot keramik terkubur dalam tanah. Ia mencoba menggali pot itu, tapi kemudian retak dan merekah.

Kemudian kepingan-kepingan koin emas dan perak berhamburan keluar. Dilansir dari Telegraph, Johnson menemukan hampir 600 koin dari Abad ke-17, termasuk sebuah cincin.

Koin-koin itu memiliki nilai nominal 85 pound sterling dan 12 shilling, cukup untuk membayar gaji seorang tentara Perang Sipil selama lima tahun. Namun demikian, nilainya pada 2013 adalah 54.492 pound sterling atau Rp 936 juta.

Pihak Dewan Kota Wakefield membeli koleksi harta karun itu. Koleksi itu sekarang terpajang di Pontefract Museum.

 

3 dari 5 halaman

Penemu harta karun kuno bekas peninggalan viking

3. Derek McLennan

Penemu harta karun kuno bekas peninggalan viking

Temukan Harta Karun, Pria Ini Dapat Hadiah Rp 34 Miliar

Pria asal Inggris mampu mendapat keberuntungan berlimpah setelah menemukan harta karun kuno bekas peninggalan viking. Pria bernama Derek McLennan ini dihadiahi uang 2 juta pound sterling atau setara Rp 34 miliar dari hasil temuannya tersebut.

Pria asal Skotlandia ini mengandalkan alat pendeteksi logam untuk memburu harta karun. Harta karun Viking pertama kali didapat saat menemukan tanda-tanda metal di daerah Dumfries dan Galloway. Setelah melakukan penggalian, Scot menemukan 100 item harta peninggalan viking.

Harta karun hasil temuan Derek kini dipajang di National Museums Scotland (NMS). Pihak museum mengatakan, penemuan barang-barang peninggalan viking tersebut menjadi satu momen penting dalam arkeologi Inggris.

 

4 dari 5 halaman

Penemu emas batangan dalam tank bekas perang

4. Nick Mead

Penemu emas batangan dalam tank bekas perang

Beli Tank Dapat Emas

Seorang mekanik asal Inggris yang juga merupakan karyawan perusahaan tank A-Lot menemukan lima emas batangan dengan berat sekira 5,6 kg dan ditaksir bernilai US$ 1,2 juta atau setara Rp 15,9 miliar. Setelah ditemukan emas tersebut langsung diserahkan pada polisi.

Peristiwa tersebut bermula saat perusahaan Mead baru membeli Tank tipe 69 dari situs jual beli eBay. Saat mereka periksa, sebuah senjata ditemukan di dalam tangki bahan bakar. Sontak saja Mead kaget bukan kepalang dan mencoba memeriksa apakah ada barang lain disana.

Ternyata benar saja. Saat dibongkar terdapat lima emas batangan yang tersembunyi di dalam tank seperti dilansir dari Telegraph.

Usut punya usut, emas tersebut kabarnya telah dijarah tentara Irak saat melakukan invasi ke Kuwait pada 1990. Agar tak diketahui, emas disembunyikan di dalam tank.

 

5 dari 5 halaman

Penemu uang Rp 1 miliar di dalam TV Tua

5. Rick Deschamps

Penemu uang Rp 1 miliar di dalam TV Tua

Televisi dan tumpukan uang yang ditemukan oleh seorang pekerja daur ulang di Kanada. (CTV/CNN)

Seorang pekerja perusahaan barang bekas di Kanada, Rick Deschamps, menemukan kotak rahasia dalam TV tua. Isinya sangat mengejutkan, tumpukan kertas bernilai lebih dari 100 ribu dolar kanada atau setara Rp 1 miliar.

Dilansir dari CNN, Bersama dengan tumpukan uang itu, ada dokumen yang mengarahkan polisi kepada pemilik TV tua yang berusia 68 tahun. Sang pemilik lalu menuturksn kepada penyelidik bahwa dirinya memberi satu set televisi ke sang teman 30 tahun yang lalu. Ia ternyata lupa telah menaruh uang di dalam TV tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.