Jangan Sampai Salah Beli Tiket Pesawat karena Abaikan 8 Hal Ini

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 07 Okt 2017, 19:00 WIB
Diperbarui 07 Okt 2017, 19:00 WIB
Ilustrasi tiket pesawat
Perbesar
Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini memesan tiket pesawat bukanlah lagi hal yang sulit. Kita tidak perlu repot antre untuk mendapatkan tiket pesawat ataupun tiket untuk transportasi perjalanan lainnya.

Dengan bantuan teknologi saat ini, kita dapat dengan mudah menentukan tujuan dan jadwal keberangkatan. Namun, terkadang kita lupa bahwa ada hal-hal lain di balik kemudahan yang dapat mengakibatkan kerugian apabila tidak jeli dalam menentukan tujuan perjalanan.

Meneliti semua kelengkapan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan adalah hal yang terkadang terlupakan. Dengan sistem pembayaran online saat ini, tidak mudah untuk membatalkan pemesanan.

Akan tetapi, biasanya kita diberikan tenggat waktu untuk melakukan pembayaran tagihan tiket. Gunakan tenggat waktu tersebut untuk meneliti semua kelengkapan yang diperlukan.

Beberapa hal berikut harus diperhatikan agar jangan sampai salah beli tiket pesawat seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Pastikan Benar-Benar Bandara Tujuan yang Dipilih

Banyaknya bandara memberi pilihan kepada kita untuk menentukan mana yang pas sebagai tujuan pendaratan. Ada baiknya teliti terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih.

Terkadang karena kurang mencari tahu lebih lanjut tentang bandara tujuan, dengan mudahnya, kita menyetujui promo yang ditawarkan. Padahal, bisa saja bandara tersebut jauh jaraknya dari kota. Karena itu, meneliti satu demi satu nama bandara tujuan akan sangat membantu.

2. Transportasi dari Bandara Menuju Kota

Mengetahui sarana transportasi yang ada di bandara adalah langkah kedua yang perlu diperhatikan. Ada baiknya telah mendapatkan informasi seputar transportasi yang tersedia di bandara.

Sebab letak bandara biasanya jauh dari permukiman dan biaya transportasi menuju kota belum tentu murah. Ada kebijakan bandara yang tidak memperbolehkan transportasi dari luar ke bandara karena sudah tersedianya transportasi dalam bandara.

Ada juga bandara yang memperbolehkan adanya transportasi dari luar. Jadi, cari tahu agar ada gambaran transportasi yang digunakan dan perhitungan biayanya.

3. Lakukan Perbandingan untuk Dapatkan Harga Termurah

Lakukan pengecekan harga yang ada di setiap website penjualan tiket perjalaan. Kita telah banyak dimudahkan banyak situs yang menjual berbagai tiket pesawat dengan harga promo yang ditawarkannya.

Carilah tiket yang termurah. Jumlah harga tiket yang termurah akan keluar pada saat akhir setelah reservasi dilakukan. Segera lakukan persetujuan bila merasa tiket tersebut dirasa paling murah.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selanjutnya

4. Adakah Waktu Transit?

Perhatikan dengan saksama lamanya pesawat transit. Kita terkadang sering lupa akan lamanya pesawat transit. Ketahui berapa lama pesawat akan transit. Perhitungkan waktu ke lokasi-lokasi yang ingin dikunjungi.

Jangan sampai lamanya ke lokasi lebih lama dari lamanya pesawat transit. Hitung jarak dan waktu untuk tiba di tempat tersebut dan waktu kembali ke bandara.

5. Bagaimana Reputasi Maskapai?

Sebelum menetukan tujuan dan harga, ada baiknya kita mencari tahu reputasi maskapai yang akan dipilih. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan kita. Maskapai juga akan berpengaruh terhadap delay jadwal penerbangan.

Ada beberapa maskapai yang tentunya sudah terkenal dan diulas media. Entah karena bagus pelayanannya atau buruk dan memberikan layanan. Untuk itu, carilah informasi dari reputasi maskapai yang akan digunakan nanti. Dengan begitu, hal-hal yang tidak diharapkan bisa dihindari.

6. Pilih Penerbangan Tanpa Transit

Pilih penerbangan langsung atau tidak transit. Penerbangan secara langsung akan menghemat waktu penerbangan.

Teliti sebelum memilih tiket perjalanan dengan melihat waktu transit dan tempat transit. Waktu transit yang cukup lama akan membuat waktu perjalanan jadi lebih lama.


Selanjutnya

7. Adanya Asuransi Perjalanan

Asuransi dapat membuat perjalanan terasa lebih aman. Selain asuransi barang, asuransi jiwa juga ditawarkan maskapai. Sebab bisa saja penerbangan dilakukan saat cuaca yang kurang baik atau melewati daerah konflik. Yang tentunya dapat mengakibatkan hal-hal buruk.

8. Cek Paspor, Masihkah Berlaku?

Untuk tujuan penerbangan ke luar negeri, ada baiknya perhatikan waktu berlaku paspor. Jangan sampai pejalanan terganggu nantinya karena visa atau paspor bermasalah. Dan berakibat kerugian karena sudah membeli tiket penerbangan.

Gali informasi sebanyak-banyaknya sebelum melakukan pemesanan agar tidak mengalami kerugian dalam pemesanan tiket.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya