Sukses

7 Negara dengan Porsi Anggaran Militer Terbesar

Ada beberapa negara yang anggaran militernya memakan porsi yang besar dalam PDB.

Liputan6.com, Jakarta - Demi bisa mempertahankan kedaulatan sebuah bangsa, pemerintah di tiap negara pasti menggelontorkan dana untuk memperkuat pasukan militernya dengan senjata canggih. Biaya militer ini biasanya diambil dari pendapatan domestik bruto (PDB) negara tersebut.

Ada beberapa negara yang anggaran militernya memakan porsi yang besar dalam PDB. Biasanya negara ini rela menggelontorkan porsi PDB yang besar karena negara tersebut tengah menghadapi konflik atau terancam kedaulatannya.

Berikut ulasannya dilansir dari Business Insider, Kamis (5/10/2017):

7. Yordania

Populasi: 8,2 juta orang

Jumlah anggaran militer: 4,65 persen dari PDB

Pemerintah Yordania menaikkan porsi anggaran militer dalam rangka mempertahankan diri dari serangan kelompok teroris ISIS. Usia minimal bagi pria Yordania untuk bergabung bersama militer adalah 17 tahun.

6. Azerbaijan

Populasi: 9,9 juta oranng

Jumlah anggaran militer: 4,7

Pria berusia 18 hingga 35 tahun harus ikut wajib militer di negara ini selama 12 hingga 18 bulan lamanya. Salah satu konflik militer yang terus terjadi adalah perebutan wilayah Nagorno-Karabakh dengan Armenia.

5. Israel

Populasi: 8,2 juta orang

Jumlah anggaran militer: 5,69 persen dari PDB

Posisi kelima ditempati oleh Israel.

Pria dan wanita harus ikut wajib militer. Meski demikian pria memiliki kewajiban lebih lama di militer yakni 32 bulan.

4. Arab Saudi

Populasi: 28,2 juta orang

Jumlah anggaran militer: 7,98 persen dari PDB

Pada Bulan Mei lalu, Pemerintah Arab Saudi menandatangani kesepakatan senilai US$ 110 miliar dengan Amerika Serikat terkait pembelian senjata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Oman

Populasi: 3,4 juta orang

Jumlah anggaran militer: 8,61 persen dari PDB

Sekutu terdekat Oman dalam bidang militer adalah Inggris. Pemerintah Inggris menjual senjata senilai 2,5 miliar pound sterling pada Oman di tahun 2013.

2. Irak

Populasi: 38,1 juta

Jumlah anggaran militer: 8,7 persen dari PDB

Keanggotaan militer di Irak terbuka bagi mereka yang berusia 18 hingga 40 tahun. Usia rata-rata tentara Irak adalah 19,9 tahun.

1. Sudan Selatan

Populasi: 12,3 juta orangJumlah anggaran militer: 10,32 persen dari PDBPeringkat pertama ditempati oleh negara di Benua Afrika, Sudan Selatan. Negara ini mengizinkan anak-anak untuk masuk dalam militer. UNICEF memperkirakan, ada 17 ribu anak-anak sudan yang terlibat dalam perang saudara yang bermula di 2013.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.