Kim Jong-un Vs Donald Trump, Siapa yang Lebih Kaya?

Oleh Vina A Muliana pada 02 Okt 2017, 20:00 WIB
Diperbarui 18 Okt 2017, 16:34 WIB
Kim Jong Un dan Donald Trump (Getty Images)

Liputan6.com, Pyongyang - Donald Trump dan Kim Jong-un adalah dua pemimpin negara yang sukses menarik perhatian publik. Keduanya tengah bersitegang akibat adanya ancaman nuklir dan uji coba rudal yang dilakukan oleh Korea Utara.

Baik Trump maupun Kim Jong-un tidak takut untuk mengambil tindakan militer untuk mempertahankan kedaulatan negaranya. Beberapa pihak menyinggung, tensi Trump dan Kim Jong-un yang meninggi bisa menyebabkan perang dunia ketiga pecah.

Tapi, Kim Jong-un dan Donald Trump ternyata memiliki satu kesamaan. Keduanya memiliki harta berlimpah dan suka hidup mewah layaknya miliarder. Jika dibandingkan, pemimpin manakah yang memiliki harta lebih banyak?

Berikut ulasannya:

Tempat tinggal

Seperti dilaporkan Deutshe Welle, Senin (2/10/2017) Kim Jong-un memiliki harta dengan nilai fantastis. Ia tinggal di bangunan megah dinamakan Istana Kumkusan. Dikenal sebagai Mausoleum Kim II Sung, bangunan ini terletak di sudut timur laut kota Pyongyang.

Setelah menyandang jabatan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kini tinggal di Gedung Putih. Tapi sebelumnya, taipan properti ini memiliki kediaman di New York City tepatnya di Trump Tower.

Apartemen milik Donald Trump ini memiliki interior berhias emas. Apartemen dilengkapi dengan 7 kamar tidur. Berbagai furnitur mahal juga menghiasi interior ruangan.

Jika masuk ke dalam apartemen Trump ini, nuansa emas dihadirkan dengan kehadiran material marmer yang melapisi permukaan dinding, lantai, serta tiang-tiang pilar. Melihatnya seolah siapapun merasakan sebuah istana para raja dan ratu di abad 16.

Simak video pilihan di bawah ini:

 

 

 

2 dari 4 halaman

Hobi main golf

Ternyata ada kesamaan lain pada kedua pemimpin negara yang sedang berseteru ini, yaitu mereka sama-sama memiliki lapangan golf. Pemimpin Amerika rupanya diam-diam memiliki 10 lapangan golf yang bila ditotal jumlahnya bisa mencapai US$ 206 juta.

Beda lagi dengan Kim Jong-un, dari pantai satelit, diketahui dalam istananya dia memiliki sebuah lapangan golf yang super luas. Bahkan mungkin setara dengan 3-4 lapangan golf biasa. Ya, semua itu adalah salah satu warisan dari orang tuanya yang sampai saat ini masih dijaga.

3 dari 4 halaman

Aset properti

Putra dari Kim Il Sung ditaksir memiliki kekayaan berlimpah dalam bentuk aset properti. Sebut saja Hotel Ryugyong yang dibangun setinggi 105 lantai di tengah Pyongyang. Resor Ski Masikryong yang berada di puncak gunung Taehwa juga digadang-gadang menjadi miliknya.

Kim Jong-un juga memiliki pulau pribadi yang terletak di sebuah tempat di pesisir Korea Utara. Seorang selebriti Amerika Serikat yang pernah berkunjung mengungkap pulau ini amat luas. Pulau ini dikatakan memiliki beberapa properti termasuk lapangan helikopter utama untuk Kim Jong-un sendiri.

Hampir sama dengan Kim Jong-un, Trump juga memiliki aset properti yang sangat banyak. Sebelum menjadi presiden, Donald Trump juga dikenal sebagai miliarder yang mendulang harta dari bisnis properti.

Trump punya puluhan hotel berbintang lima lengkap dengan resort dan fasilitas lainnya. Belum lagi ternyata orang nomor satu di Amerika itu juga punya 4 rumah bak istana.

Trump juga memiliki sejumlah properti berharga di Kota New York, seperti Trump Tower di Fifth Avenue, kawasan elit di jantung Manhattan, dan sebuah gedung kondominum di 502 Park Avenue, 40 Wall Street, dan 30 persen saham di gedung 1290 Avenue of the Americas.

Selain itu, Trump memiliki resort dan lapangan golf, seperti Mar-a-Lago, yakni klub pribadinya di Palm Beach, Florida. Dia juga mempunyai gedung perkantoran di San Francisco, dan sebuah hotel di Las Vegas.

4 dari 4 halaman

Total kekayaan

Kekayaan Donald Trump menurun pasca terpilihnya ia sebagai Presiden Amerika Serikat. Perhitungan terbaru yang dilakukan Majalah Forbes mengungkap, kekayaan orang nomor satu di Amerika Serikat ini susut US$ 1 miliar atau setara Rp 13,3 triliun ke angka US$ 3,5 miliar.

Dilaporkan The Guardian, penurunan kekayaan Donald Trump juga disebabkan karena penurunan nilai harga rental propertinya di Midtown Manhattan. Di daerah tersebut, sang presiden memiliki setidaknya 10 properti yang pada 2017 mengalami penurunan harga.

Peringkat orang terkaya Trump juga menurun dari rangking 324 ke 544.

Jika kekayaan Trump bisa diketahui dengan mudah, berbeda ceritanya dengan diktator Korea Utara, Kim Jong-un. Total kekayaan putera Kim Il Sung ini belum bisa dipastikan.

Tapi, sumber intelijen Korea Selatan mengungkap kekayaan Kim Jong-un dikabarkan mencapai US$ 5 miliar atau setara Rp 65,7 triliun. Bandingkan dengan penghasilan rakyat Korea Utara yang rata-rata mencapai US$ 1.500 atau setara Rp 19,7 juta per tahun. Nilai itu hanya sebanding dengan harga tas istri Kim Jong-un yang dibawa ke arena pacuan kuda.

Lanjutkan Membaca ↓