5 Jenis Pekerjaan Paruh Waktu yang Paling Laku di Indonesia

Oleh Vina A Muliana pada 04 Okt 2017, 08:01 WIB
Diperbarui 04 Okt 2017, 08:01 WIB
Ilustrasi. Freelance
Perbesar
Ilustrasi. Freelance

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan teknologi yang semakin maju memberikan perubahan pada gaya hidup masyarakat. Kini, banyak orang yang memilih untuk tidak lagi bekerja di kantor. Mereka justru mencari uang dengan cara menjadi pekerja lepas atau freelancer.

Director International Freelancer.com Sebastian Siseles mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pekerja lepas terbanyak di dunia. Jumlah tersebut bahkan lebih banyak dibanding jumlah pekerja lepas di Inggris.

"Jumlah pekerja lepas Indonesia yang tergabung dalam situs kami mencapai 1 juta orang," tuturnya saat ditemui di Jakarta, Kamis, 28 September 2017.

Lebih lanjut Sebastian mengatakan, pendapatan yang bisa didapat seorang freelancer juga cenderung besar. Dalam satu kali proyek, mereka bisa mendapat lebih dari US$ 100 atau setara Rp 1,3 juta.

"Rata-rata freelancer yang mencari kerja di situs kami mendapat penghasilan US$ 166 (Rp 2,24 juta) per proyek," tuturnya.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa profesi freelance yang paling banyak dicari. Perusahaan yang menyewa jasa freelance ini pun banyak yang berasal dari luar negeri.

Apa saja? Berikut ulasannya dilansir dari data freelancer.com:

1. Desain grafis

Ilustrasi desain grafis

2. Desain logo

Freelance | sumber foto: thebalance.com

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Selanjutnya

3. Photoshop

4. Excel

5. Entri Data

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Pasukan Emak-Emak Lawan Covid-19

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya