Sukses

Jokowi Bakal Dialog dengan 1.200 Peternak di Jambore Peternakan

Presiden Jokowi berencana hadir Jambore Peternakan Nasional 2017. Jambore ini akan dihadiri 1.200 peternak dan pelaku usaha

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal hadir di Jambore Peternakan Nasional 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur pada Minggu (24/9/2017). Jambore ini akan dihadiri 1.200 peternak dan pelaku usaha dari berbagai daerah. Acara tersebut digelar atas kerja sama Kementerian Pertanian (Kementan) serta Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, I Ketut Diarmita mengatakan, ‎Jambore Peternakan merupakan wadah konsolidasi antar pelaku usaha peternakan untuk mendukung program pembangunan peternakan dan kesehatan hewan.

“Kami berharap peternak agar melakukan pembenahan manajemen budidaya dan perbaikan teknis lainnya untuk menjadikan Indonesia sebagai sumber protein hewani," kata Diarmita dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (21/9/2017). 

Jambore Peternakan akan diikuti 1.200 peternak dan pelaku usaha. Jambore ini berlangsung di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur dari Jumat sampai Minggu, 22-24 September 2017, dengan mengusung tema "Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Hewani dan Bangga Menjadi Peternak Indonesia".

Dalam puncak acara pada Minggu (24/9/2017), rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi. Presiden dijadwalkan melakukan temu wicara para peternak dan pelaku usaha peternakan.

"Kami dorong peternak-peternak lokal membentuk korporasi peternak supaya skala usahanya ekonomis,” tutur Diarmita.

Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki mengungkapkan, Jambore Peternakan bisa rutin digelar tiap tahun sehingga menjadi kalender rutin agenda wisata di Jakarta dan sekitarnya.

“Dalam acara ini, Presiden Jokowi juga ingin lebih dekat bertemu dengan masyarakat, khususnya kalangan peternak domba dan kambing,” ujarnya.

Puncak kegiatan Jambore Peternakan akan diisi dengan kegiatan makan bersama 100 ekor kambing guling yang diharapkan dapat menjadi rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI). Kontes ternak domba dan kambing kaligesing, serta seni ketangkasan domba Garut akan langsung memperebutkan Piala Presiden. Selain itu, juga akan diselenggarakan pameran ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci, serta penghargaan anugerah bakti peternakan. (Pew/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.