Sukses

Pengusaha Harus Punya Modal Ini Kalau Ingin Sukses

Salah satu penyebab kegagalan usaha adalah tidak terpeliharanya semangat dan kerja keras untuk memajukan usaha.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pengusaha yang sukses sudah pasti menjadi impian bagi para pelaku bisnis. Namun kenyataannya untuk menjadi sukses tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Perlu proses didalamnya agar Anda dan bisnis yang dibangun bisa benar-benar sukses.

Untuk mencapai kesuksesan, seorang pebisnis harus memiliki banyak modal. Tapi ingat, modal di sini bukan berarti uang saja. Modal di sini bisa berarti sifat kan juga perilaku.

Lengkapnya, berikut ini 6 modal yang bisa membuat Anda bisa menjadi pebisnis yang sukses seperti dikutip dari Laruno.com, Minggu (27/8/2017):

1. Jujur

Tidak ada kepercayaan maka tidak ada jualan dan tidak ada bisnis. Dalam hal apapun juga pastikan Anda harus selalu berperilaku jujur, karena dari kejujuran tersebut akan timbul sebuh kepercayaan.

Sebagai pelaku usaha, Anda harus miliki sifat jujur sehingga usaha atau bisnis bisa dikenal oleh banyak orang dan dipercaya oleh konsumen-konsumen Anda.

2. Semangat dan kerja keras

Salah satu penyebab kegagalan usaha adalah tidak terpeliharanya semangat dan kerja keras untuk memajukan usaha. Sehingga, pada saat timbul masalah seperti planning yang tidak sesuai dengan harapan dan akhirnya timbul keputusasaan.

Oleh sebab itu, semangat dan kerja keras harus selalu terpelihara dalam berwirausaha.

3. Pengetahuan dan keterampilan

Sebelum Anda berencana untuk memulai usaha sebaiknya terlebih dahulu memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar mengenai bisnis yang akan Anda tekuni atau jalankan.

Akan lebih baik juga jika pengetahuan dan keterampilan yang Anda miliki telah mumpuni sehingga Anda tidak akan merasa kesulitan dalam menjalankannya.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Selanjutnya

4. Rasa percaya diri 

Kepercayaan diri adalah modal penting dalam memajukan usaha. Jika pemilik usaha tidak percaya diri dengan usaha yang dijalani maka klien atau calon konsumen pun tidak akan percaya dengan bisnis yang Anda jalankan.

5. Berani ambil risiko

Tidak ada sebuah usaha atau bisnis yang tidak memiliki risiko. Untuk bisa maju dalam berwirausaha maka Anda sebagai pelaku bisnis harus berani mengambil risiko yang harus Anda terima.

Besar kecilnya risiko yang Anda hadapi tergantung pada besar kecilnya usaha yang Anda jalankan. Risiko yang yang Anda ambil tentu saja bukan tanpa alasan tetapi harus dengan pemikiran yang matang dengan berbagai alasan serta pertimbangan yang jelas.

6. Berpikir kreatif dan inovatif

Untuk memajukan sebuah usaha, pelaku bisnis membutuhkan adanya inovasi, untuk itu berpikir kreatif untuk memajukan usaha sangatlah diperlukan.

Misalnya Anda bergelut dengan bisnis makanan, buatlah menu yang unik atau dekorasi tempat makan yang unik sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

Itulah modal yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha, semoga berhasil.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik belajar.me

Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.