Ini Dia Daftar Negara Paling Inovatif di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 27 Agu 2017, 15:00 WIB
5 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Bagi Para Solo Traveler

Liputan6.com, Jakarta Sejak 2008, Cornell University, sekolah bisnis INSEAD, dan World Intellectual Property Organization telah merilis Global Innovation Index. Ini pada dasarnya merupakan peringkat negara paling inovatif di dunia.

Pemenang tahun ini bukanlah orang asing di urutan teratas daftar, mendominasi dalam tujuh kategori umum: penelitian, infrastruktur, institusi, kecanggihan pasar dan bisnis, dan komitmen terhadap pengetahuan dan kreativitas.

Lantas, mana saja yang menjadi negara paling inovatif di dunia? Berikut daftarnya seperti dilansir dari Inc ASEAN, Minggu (27/8/20187):

1. Swiss

Swiss sudah menjadi negara paling inovatif sejak tahun 2011. Hal ini karena Swiss dapat mengubah pemikiran yang inovatif menjadi sebuah karya dan ekonomi masyarakat maju berdasarkan akan pengetahuan.

2. Swedia

Menghasilkan lulusan dengan berprestasi tinggi telah menjadikan Swedia di posisi tiga besar dalam enam tahun terakhir.

3. Belanda

Belanda memimpin peringkat kecanggihan bisnis. Negara ini juga berada di puncak kategori output pengetahuan dan teknologi, yang mencakup hal-hal seperti penemuan dan merek dagang.

4. Amerika Serikat

AS bertahan di peringkat keempat sejak 2016, terutama karena kekuatan pasar global, nilai perdagangan sahamnya, dan penerapan teknologi internet yang meluas.

5. Inggris

Kesuksesan Inggris di bidang infrastruktur, seperti London Crossrail, menjadikan negara ini ada di 5 besar Tapi negara ini memiliki nilai pendidikan dan produktivitas yang lebih rendah.

Polisi Tembak Pembius dan Perampas Kendaraan
2 of 3

Denmark

6. Denmark

Denmark memimpin sistem pemerintahannya yang efisien, juga unggul dari sisi jumlah peneliti, dan kualitas pendidikan. Negara ini naik dua peringkat sejak 2016

7. Singapore

Salah satu negara dengan peringkat paling konsisten, Singapura menonjol karena lingkungan politik dan kelestarian ekologisnya.

8. Finlandia

Selama beberapa tahun, Finlandia sempat berada di posisi lima teratas. Namun, Finlandia telah jatuh sedikit tahun ini karena penurunan peringkat teknologi dan penelitian. Negara ini masih menempati urutan pertama secara keseluruhan dalam pendidikan.

9. Jerman

Negara ini menempati urutan teratas dalam daftar pembuatan paten, dan memiliki output teknologi yang kuat, terutama dalam teknologi otomotif.

10. Irlandia

Turun tiga peringkat sejak 2016, Irlandia masih dikenal karena infrastruktur dan hasil kreatifnya, seperti budaya desainnya yang berkembang.

3 of 3

11. Korea Selatan

11. Korea Selatan

Menurut Indeks, aset terbesar Korea Selatan adalah sektor pendidikannya. Negara ini juga telah melihat pertumbuhan yang luar biasa dalam penelitian dan pengembangan.

12. Luksemburg

Peringkat negara kecil ini berasal dari nilai tinggi dalam output kreativitas, seperti film layar lebar dan buku cetak.

13. Islandia

Islandia telah menempati peringkat ke-13 tiga tahun berturut-turut.

14. Jepang

Dikenal dengan sektor manufaktur dan teknologi, Jepang menempati urutan tertinggi dalam infrastruktur dan pengarsipan paten.

15. Prancis

Naik tiga tempat dari tahun 2016, kekuatan terbesar Prancis terletak pada kategori kecanggihan pasar, khususnya dengan kesepakatan modal ventura. Ini juga berada di dekat puncak penelitian dan pengembangan.

16. Hong Kong

Wilayah ini telah menyusut sembilan titik sejak 2013 dan jatuh setiap tahun, karena sebagian besar memudarnya pengarsipan paten dan nilai pendidikan. Namun, laporan tersebut menemukan Hong Kong masih memainkan peran utama dalam ekonomi global, terutama karena infrastruktur dan seberapa kuat pasarnya karena peluang investasi dan perdagangan.

(Fransiska Wahyuning)

 

Lanjutkan Membaca ↓