Menakar Harta Kekayaan Diktator Korea Utara Kim Jong Un

Oleh Vina A Muliana pada 25 Agu 2017, 19:36 WIB
Diperbarui 30 Agu 2017, 08:04 WIB
Kim Jong-un di atas kapal selam Korea Utara (AP)

Liputan6.com, Pyongyang - Lahir dari keluarga yang punya kuasa, Kim Jong Un memang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin dari negara paling terisolir di dunia. Setelah kematian sang ayah, pria 33 tahun ini diangkat menjadi pimpinan tertinggi Korea Utara di tahun 2014. Ia juga merupakan pemimpin dari partai terbesar Negeri Ginseng Merah, Workers' Party of Korea.

Meski hanya memiliki sedikit pengalaman di dunia pemerintahan dan militer, Kim Jong Un telah menjelma sebagai diktator paling ditakuti di Korea Utara (Korut). Dia terkenal sering mengeluarkan kebijakan kontroversial. Gaya hidup mewah dan harta kekayaannya pun kerap menjadi sorotan.

Seperti dilaporkan Deutshe Welle, Jumat (25/8/2017) pria lulusan Swiss ini memiliki harta dengan nilai fantastis. Ia tinggal di bangunan megah dinamakan Istana Kumkusan. Dikenal sebagai Mausoleum Kim II Sung, bangunan ini terletak di sudut timur laut kota Pyongyang.

Putra dari Kim Il Sung ini ditaksir memiliki kekayaan berupa aset properti. Sebut saja Hotel Ryugyong yang dibangun setinggi 105 lantai ditengah Pyongyang. Resor Ski Masikryong yang berada di puncak gunung Taehwa juga digadang-gadang menjadi miliknya.

Kim Jong Un juga memiliki pulau pribadi yang terletak di sebuah tempat di pesisir Korea Utara. Seorang selebriti Amerika Serikat yang pernah berkunjung mengungkap pulau ini amat luas. Pulau ini dikatakan memiliki beberapa properti termasuk lapangan helikopter utama untuk Kim Jong Un sendiri.

Untuk urusan olahraga, diktator satu ini senang bermain golf. Ia memiliki beberapa lapangan golf terbaik di Korea Utara yang dipelihara dalam kondisi prima oleh pekerja yang dipekerjakan oleh pemerintah.

Di tahun 2014, Kim Jong Un dilaporkan telah kucurkan US$ 16 juta untuk membeli beberapa mobil mewah. Mobil-mobil itu antara lain limusin Mercedes Benz dan mobil sport mewah. Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan apalagi keseluruhan mobil mewah tersebut masuk dalam daftar larangan impor PBB.

Ayahnya, Kim Jong Il sangat senang menikmati musik. Maka tak heran apabila Kim Jong Un juga memiliki ketertarikan sendiri pada dunia seni.

Ayah satu anak ini dikabarkan memiliki lebih dari 20 piano yang tersebar di berbagai rumah mewahnya. Rumor mengatakan bahwa jika ia membuat kesalahan saat bermain piano, maka ia menganggap itu merupakan kesalahan piano dan bukan kesalahannya.

Kim Jong Un mengendalikan beberapa kapal selam Soviet tua yang tersembunyi di balik perairan semenanjung Korea. Armada kapal selamnya terdiri dari kapal-kapal selam Soviet Wiski, puluhan kapal selam Cina Romeo dan beberapa kapal selam Romeo yang dibangun sendiri oleh militer Korut.

Simak video menarik di bawah ini: