Tips Genjot Produktivitas Sebagai Pekerja Lepas

Oleh Liputan6.com pada 18 Agu 2017, 20:24 WIB
Diperbarui 18 Agu 2017, 20:24 WIB
Ilustrasi bekerja
Perbesar
Isi minggu pertama bekerja setelah liburan dengan 9 hal ini

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatkan produktivitas sebagai freelance atau pekerja lepas penting. Ini adalah cara mudah untuk meningkatkan jumlah uang yang Anda hasilkan dalam jangka waktu tertentu.

Jika Anda bisa menyelesaikan sebuah proyek dalam separuh waktu, Anda akan menaikkan nilaI dua kali lipat. Jadi sekarang Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga Anda dan mendapatkan lebih banyak proyek yang dilakukan tanpa bekerja dalam jam tambahan.

Berikut adalah lima  tips untuk membantu menggandakan produktivitas Anda menurut Forbes, seperti ditulis Jumat (19/8/2017):

1. Gunakan Teknik Pomodoro

Begini cara teknik Pomodoro bekerja: Anda bekerja selama 25 menit tanpa gangguan, istirahat selama lima menit dan setelah  empat sesi, Anda bisa beristirahat lebih lama, seperti 30 menit.

Teknik ini diciptakan oleh Francesco Cirilio yang ditulis dalam sebuah makalah pada 2006. Psikologi di balik teknik yaitu memusatkan pikiran. Teknik ini membantu Anda berhenti terganggu dengan masuk ke Facebook dan membuka YouTube. Anda perlu fokus hanya selama 25 menit. Setelah empat sesi, Anda akan mendapatkan waktu istirahat lebih lama untuk melakukan apa yang Anda inginkan.

2. Gunakan daftar kegiatan atau checklist

Cara lain yang mudah untuk meningkatkan produktivitas Anda adalah memiliki daftar kegiatan. Hal ini membuat Anda tidak melupakan langkah apa pun. Hilang satu langkah mungkin membuat Anda membuang lebih banyak waktu untuk memperbaikinya.

Jadi ketika Anda sedang mengerjakan sebuah proyek, alih-alih memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya, buka daftar kegiatan dan mulai menghitung tugas. Lisa Mallis, seorang pelatih dan pembicara bersertifikat, melaporkan dia mengurangi waktu yang dia gunakan untuk menulis posting menjadi dua dengan hanya mengikuti daftar kegiatan. Jadi mulai membuat daftar kegiatan untuk semua tugas berulang yang Anda miliki.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Rencanakan Waktu Istirahat

3. Kelompokkan tugas yang serupa

Sebagai freelancer, Anda melakukan banyak hal untuk menyelesaikan pekerjaan. Mengelompokkan tugas serupa adalah cara yang bagus untuk meningkatkan produktivitas Anda. Selain itu, ini juga membantu pekerjaan Anda bisa lebih cepat selesai.

4. Bermeditasi untuk meningkatkan fokus Anda

Meditasi penting untuk meningkatkan fokus Anda. Hampir semua orang sukses melakukan semacam latihan meditasi dalam kehidupan mereka. Ini bahkan telah dibuktikan oleh ilmu pengetahuan, orang-orang yang bermeditasi memiliki fokus lebih tinggi dan pikiran mereka mengembara sangat sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak bermeditasi.

5. Rencanakan waktu istirahat Anda

Cara lain untuk mengurangi gangguan adalah merencanakan waktu istirahat Anda. Secara khusus, rencanakan kapan Anda akan beristirahat. Menggabungkan strategi ini dengan teknik Pomodoro bisa sangat ampuh untuk membantu Anda menghilangkan gangguan sepenuhnya.

Agar Anda bisa mencapai hasil, Anda perlu melakukan tindakan dan mulai menerapkan tips di atas dalam rutinitas harian Anda. Sebaiknya mulai dengan teknik Pomodoro, karena akan memiliki efek paling dalam. Setelah itu, mulai menggabungkan semua tips lainnya dalam rutinitas Anda.

(Fransiska Wahyuning)

 

Lanjutkan Membaca ↓