2 Negara di Asia dengan Biaya Hidup Termahal

Oleh Liputan6.com pada 10 Agu 2017, 19:40 WIB
Diperbarui 10 Agu 2017, 19:40 WIB
Singapura, Kota termahal di dunia (via: www.cbsnews.com)
Perbesar
Singapura, Kota termahal di dunia (via: www.cbsnews.com)

Liputan6.com, Jakarta - Mengeluh bahwa biaya hidup di Jakarta sangat mahal? Jika jawabannya ya maka Anda jangan tinggal di dua negara di Asia berikut ini. Alasannya, biaya hidup dua negara ini jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Jakarta. Bahkan kedua negara ini mendapat predikat sebagai negara dengan biaya hidup termahal di Asia. 

Mengutip Bloomberg, Kamis (10/8/2017), lembaga riset ekonomi Global Economist Intelligence melakukan survei biaya hidup dengan cara membandingkan 150 barang dari 133 negara.

Ternyata, dua negara yang menduduki posisi teratas merupakan negara yang berada di kawasan Asia. Artinya, biaya hidup di kedua negara tersebut jauh di atas di Amerika Serikat (AS), negara-negara di Timur Tengah maupun negara-negara di Eropa.

Kedua negara tersebut adalah: 

1. Singapura

Singapura merupakan kota yang memegang peringkat tetap selama empat tahun berturut-turut sebagai kota termahal di Asia dan di dunia berdasarkan survei biaya hidup Global Economist Intelligance Unit.

“Posisi Singapura sedikit condong oleh sistem kompleks untuk membeli dan mendaftarkan kendaraan serta pendapatan yang relatif tinggi, yang berarti tetap terjangkau bagi banyak penduduk," kata Jon Copestake, editor survei tersebut.

Selain besarnya biaya untuk kendaraan yang menjadi Singapura sebagai kota termahal, biaya gaya hidup terutama di pakaian juga menyebabkan Singapura menjadi kota termahal.

2. Hong Kong

Hong Kong ditetapkan sebagai negara dengan biaya hidup termahal kedua setelah Singapura Hal ini dikarenakan gemerlap kehidupan di Hong Kong yang semakin mahal dan semakin banyaknya wisatawan yang datang ke Hong Kong.

Luasan Hong Kong tak terlalu besar tetapi untuk bisa hidup di negara tersebut memerlukan dana yang sangat besar. Biaya untuk makan dan hiburan menjadi alasan utama yang membuat Hong Kong sebagai salah satu negara dengan biaya hidup termahal. (Fransiska Wahyuning)

 Tonton Video Menarik Berikut Ini: