Sukses

Kemendes Gelar Pameran Produk Unggulan Desa

Selain mempromosikan produk, Expo Prukades juga bertujuan untuk menarik minat para investor agar berinvestasi di pedesaan

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017 untuk mempromosikan produk unggulan daerah kepada masyarakat luas. Selain mempromosikan produk, Expo Prukades juga bertujuan untuk menarik minat para investor agar berinvestasi di pedesaan.

"Ini merupakan suatu peluang yang akan menjadi daya tarik para investor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk masuk menggarap potensi produk unggulan yang ada di kawasan perdesaan," kata Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo dalam keterangannya.

Eko mengatakan, upaya untuk mengembangkan produk unggulan desa tak hanya dengan menggelar expo atau pameran. Eko mengatakan, pihaknya aktif menginisiasi adanya forum bisnis yang mempertemukan kepala daerah, perbankan, dan kementerian/ lembaga terkait.

"Dalam setiap forum bisnis, kita panggil sejumlah Bupati dan pertemukan langsung dengan sejumlah pihak dari perusahaan, perbankan dan kementerian. Kita minta produk unggulannya apa dan kita tawarkan kepada pihak terkait. Ini merupakan solusi yang konkret dalam pengembangan Prukades," katanya.

Expo Prukades 2017 yang digelar hingga 30 Juli tersebut terdiri dari serangkaian kegiatan, di antaranya pameran Prukades oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, talkshow membahas pengembangan Prukades, dan berbagai pameran produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sejumlah produk olahan yang dipamerkan di antaranya produk pertanian, perikanan, peternakan, pakaian, dan kerajinan tangan.

"Jadi kita manfaatkan kesempatan kali ini sebaik-baiknya dengan meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Kita harus fokus mengembangkan dan meningkatkan mutu dan kualitas Prukades,” ujar Menteri Eko.

Dirinya meyakini, dengan menyediakan saluran promosi serta penjualan, Prukades dapat bersaing dengan produk-produk di pasaran. Dengan demikian, pendapatan masyarakat desa pun meningkat.

Prukades merupakan salah satu dari empat program prioritas tahun 2017 Kemendes PDTT. Tiga program unggulan lainnya adalah mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung, dan membangun sarana olahraga desa. Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri (INMEN) nomor 1 tahun 2017 tentang kegiatan prioritas kementerian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini