Sukses

Pentingkah Punya Rekening Bersama Sejak Pacaran?

Kira-kira seberapa penting sih punya rekening bersama sejak pacaran? Yuk kita lihat dari segi positif dan negatifnya!

Liputan6.com, Jakarta - Masa pacaran sering menjadi pilihan untuk masa penjajakan sebelum menapaki jenjang pernikahan. Dengan berpacaran, kamu bisa lebih tahu tentang karakter pasanganmu, hingga rencana masa depannya.

Perencanaan masa depan ini pun ditindaklanjuti dengan langkah yang lebih serius. Misalnya, dengan perencanaan keuangan. Entah untuk tabungan pre-wedding, resepsi, ataupun tabungan untuk bisnis kalau sudah menikah kelak. Karena dirasa perlu, kamu dan pasangan memutuskan untuk punya rekening bersama.

Apakah langkah ini merupakan keputusan yang tepat? Sebagai pertimbangan, berikut sisi positif dan negatif dari mempunyai rekening bersama sejak pacaran Swara Tunaiku:

Dampak Positif

1. Bisa sama-sama tahu kebiasaan mengatur keuangan

Jika ingin mengenal kebiasaan mengelola keuangan pasangan, memiliki rekening bersama bisa jadi pilihan. Dari proses ini, kamu akhirnya tahu kenapa ya pacarmu suka kehabisan uang di akhir bulan? Atau kenapa pasanganmu begitu loyal dengan membeli banyak barang untuk orangtua. Hal-hal seperti ini sulit diketahui jika enggak pernah mengelola keuangan bersama-sama.

2. Meningkatkan komitmen untuk masa depan

Saat kamu dan pasangan sudah memiliki keputusan bulat untuk membuat rekening bareng, tandanya hubungan kalian cukup serius nih.

Kalian sudah bersedia berkomitmen satu sama lain untuk masa depan berdua. Dari sini, kamu bisa mulai mendiskusikan apa saja yang perlu dilakukan agar tabungan bertambah, dan apa saja yang perlu dipangkas agar dapat berhemat

Namanya juga sudah komitmen, maka harus siap menerima konsekuensinya, yaitu lebih banyak nabung dan lebih hemat dalam keseharian.

3. Meningkatkan kemauan untuk menabung

Jika memiliki tujuan yang jelas seperti pernikahan atau membuka bisnis bersama, semangat untuk menabung pun begitu menggebu-gebu.

Besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menjalin kehidupan berumah tangga membuatmu lebih realistis. Siap-siap menentukan prioritas barang apa yang bakal dibeli, mulai dari rumah hingga mobil pribadi. Seru juga ya?

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dampak Negatif



Dampak Negatif

1. Rawan munculnya masalah keuangan

Keuangan itu sendiri memang bisa menjadi pemicu permasalahan. Ada kalanya kalian akan berseberangan dalam mengatur keuangan dalam rekening bersama. Kemudian, timbullah pertengkaran. Takutnya, pertengkaran ini bisa memicu keretakan dalam hubungan kalian.

2. Menimbulkan prasangka dari pihak ketiga

Meski tujuan kalian baik, membuat rekening bersama bisa dipandang miring oleh keluarga dan teman. Bisa saja mereka curiga pada salah satu pihak.

Ketakutan terbesar mereka adalah jika salah satu pihak bertujuan mengambil keuntungan pribadi. Karena belum ada ikatan yang jelas, meminta pertanggungjawabannya pun sulit.

3 dari 3 halaman

polemik baru

3. Kalau putus akan muncul polemik baru

Siapa sih yang bisa menjamin hubungan kalian bisa langgeng hingga ke pelaminan? Karena enggak ada yang bisa dijadikan pegangan, memiliki rekening bersama perlu dipikirkan masak-masak. Sejak awal, kamu dan pasangan harus membuat semacam kesepakatan jika putus hubungan.

Kesannya memang kejam banget ya? Namun, namanya juga merencanakan masa depan, segala kemungkinan harus dipertimbangkan. Kalau enggak, bisa repot sendiri nanti masalah pembagian rekening tabungan ini.

Untung kalau ada yang mau mengalah. Bagaimana kalau malah muncul konflik antar satu sama lain?
Inilah sisi positif dan negatif dari punya rekening bersama sejak pacaran. Sekarang keputusan berada di tangan kalian. Sukses untuk rencana masa depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.