Gaji Cuma Numpang Lewat? Mungkin Ini Penyebabnya

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 27 Jul 2017, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Jul 2017, 07:00 WIB
Ilustrasi gaji
Perbesar
Ilustrasi Gaji

Liputan6.com, Jakarta - Saat gajian adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Pasalnya, ada sejumlah uang yang akan kembali memenuhi kantong Anda seperti sebelumnya.

Namun, belum genap dua minggu setelah gaji diterima, Anda harus kembali merasakan uang tersebut sudah tinggal beberapa lembar lagi. Sepertinya pepatah gaji hanya mampir sebentar sangat pas untuk situasi seperti ini.

Terkadang kita merasa sudah melakukan penghematan dengan cukup maksimal, tetapi masih saja kita mengalami kehabisan uang di tengah jalan seperti ini.

Kalau ini masih terjadi pada keuangan Anda, maka sebaiknya teliti lebih dulu, mungkin Anda masih melakukan beberapa keborosan kecil yang menyebabkan pengeluaran masih besar setiap bulannya.

Berikut beberapa penyebab yang mungkin bikin gaji cepat habis pada awal bulan seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Mendahulukan Belanja Ketimbang Menabung

Apakah Anda lebih suka mendahulukan menabung dibandingkan belanja? Apa malah sebaliknya? Jika begitu, mungkin ini salah satu penyebab Anda kehabisan gaji pada pertengahan bulan. Jika memang ingin berhemat, sebaiknya sisihkan uang untuk menabung dulu saat sudah menerima gaji.

Selain tabungan, coba sisihkan sebagian uang untuk investasi dan membuat dana darurat. Siapkan rekening khusus pos tabungan ini.

2. Sering Memanjakan Diri Sendiri

Penyebab kedua, setelah menerima gaji, mungkin Anda berpikir ada baiknya untuk memanjakan diri sendiri dengan memberikan hadiah untuk diri sendiri. Misalnya, gaji tersebut dihabiskan untuk makan di restoran yang mahal, pergi perawatan ke salon khusus, dan melakukan spa serta membeli barang favorit.

Apabila kebiasaan ini dilakukan secara rutin, sudah dipastikan Anda tidak akan bisa menyimpan gaji dalam waktu yang seharusnya.

Simak video menarik di bawah ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kartu Kredit



3. Tagihan Kartu Kredit Menunggu

Bayangkan saat gaji sudah diterima, kemudian gaji tersebut harus Anda relakan untuk melunasi tagihan kartu kredit pada bulan yang lalu, miris bukan?

Memiliki utang kartu kredit adalah salah satu hal yang akan membuat gaji cepat terkuras. Namun, jika menggunakan kartu kredit ini dengan bijak, Anda malah mendapatkan banyak keuntungan.

4. Kendaraan Rusak

Mobil dan motor yang digunakan ternyata rusak dan membuat Anda harus mengeluarkan bujet untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Hal semacam ini juga akan membuat Anda lebih rugi, jika tidak mengasuransikan kendaraan tersebut. Sebaiknya, daftarkan kendaraan pada asuransi, untuk mengantisipasi masalah seperti ini lain kali.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Melunasi Utang



5. Melunasi Utang

Jika memang Anda memiliki utang, sebaiknya beri batasan minimal pada utang sebesar 30 persen saja dari pendapatan. Misalnya, gaji Anda sebesar Rp 6 juta, maka ada ruang sebesar Rp 2 juta untuk membayar kartu kredit, cicilan rumah, dan kendaraan serta hal lainnya. 

Jangan melebihi batas 30 persen itu jika ingin keadaan keuangan Anda tetap stabil. Sebaiknya, kurangi konsumsi utang, karena sejatinya beban utang malah akan meningkat terus, terlebih utang yang berbunga.

6. Sisihkan Uang untuk Tabungan dan Investasi Saat Menerima Gaji

Usahakan untuk membuat kebiasaan seperti ini, yaitu menyisihkan uang gaji pertama kali untuk tabungan, investasi, dan keperluan lainnya yang akan menguntungkan Anda.

Dengan begitu, uang gaji Anda bukannya malah berkurang, tapi akan bertambah karena rajin menyimpan uang dalam bentuk tabungan yang memberi keuntungan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya