5 Cara Tepat Siapkan Biaya Sekolah Anak

Oleh Vina A Muliana pada 27 Jul 2017, 22:10 WIB
Diperbarui 27 Jul 2017, 22:10 WIB
[Bintang] Good News Today: Aplikasi Belajar, Sekolah Gratis, Robot Steril
Perbesar
Ilustrasi anak sekolah. (via: Liputan6.com))

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen kebutuhan besar yang harus dipenuhi tiap orang tua adalah biaya sekolah anak. Tingkat inflasi yang terus meningkat membuat sebagian besar orang tua kesulitan untuk menabung biaya pendidikan.

Namun hal ini tidak akan menjadi masalah apabila Anda menjalankan strategi yang tepat. Ada cara tertentu yang bisa dijalankan sehingga Anda tak perlu kelabakan untuk mencari uang buat biaya pendidikan anak secara mendadak. 

Jangan sampai Anda harus meminjam uang dari lintah darat yang bunganya cukup besar. Alhasil, Anda bakal terjerat utang yang berkepanjangan. 

Mengutip biznews.com, Kamis (27/7/2017), berikut ini cara agar Anda bisa menyiapkan dana pendidikan bagi buah hati:

1. Tahu kebutuhan dana

Sebelum memulai memilih tabungan pendidikan, coba rencanakan dulu jumlah tabungan yang ingin Anda kumpulkan. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah mengatur jumlah serta rentang waktu yang harus disisihkan.

2. Hitung kapan dana akan digunakan 

Meskipun target tabungan Anda untuk pendidikan kuliah, rencana dan jumlah tabungan itu akan berbeda dalam penerapannya.

Faktor inflasi atau kenaikan biaya pendidikan dan biaya hidup menjadi penyebab utama mengapa nilai yang perlu Anda tabung bisa berbeda. Hal ini tergantung kondisi usia buah hati Anda sekarang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Asuransi

3. Ikut asuransi pendidikan

Asuransi pendidikan bisa jadi salah satu cara mengamankan kondisi keuangan. Besaran premi yang harus dibayarkan pun bermacam-macam.

Ada jangka waktu tertentu juga sehingga kamu bisa memetakan sampai jenjang apa kebutuhan pendidikan si kecil terproteksi. Selain itu, cara ini dinilai lebih aman karena apabila terjadi apa-apa maka premi per bulan bisa tetap dibayarkan oleh pihak asuransi.

4. Deposito

Bila kebetulan Anda memiliki sejumlah uang dari usaha, maka Anda bisa mendepositokan uang itu untuk biaya pendidikan anak. Cara ini dianggap cukup jitu karena deposito tidak bisa dicairkan sesuka Anda dan bunganya cukup bagus dibanding tabungan konvensional biasa.

5. Investasi emas

Sejak dahulu kala nenek moyang kita menyimpan emas yang dapat dicairkan saat dibutuhkan. Cara ini bisa saja Anda adaptasi untuk memastikan si buah hati mendapatkan simpanan dana untuk pendidikan mereka kelak.

Anda bisa menyimpan emas karena harganya yang relatif stabil dan gampang dijual.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya