Sukses

Tingkat Kemiskinan Makin Parah, Ini Kata Sri Mulyani

BPS melaporkan Indeks Kedalaman Kemiskinan dan Indeks Keparahan Kemiskinan di Indonesia meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Kedalaman Kemiskinan dan Indeks Keparahan Kemiskinan di Indonesia meningkat. Bahkan, tingkat kemiskinan tersebut disebut semakin parah selama enam bulan terakhir.

Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, selama ini pemerintah telah memiliki program-program untuk menurunkan angka kemiskinan. Sejumlah program tersebut masih akan terus dijalankan untuk mencapai target pemerintah menekan angka kemiskinan.

‎‎"Program pemerintah, Presiden, untuk memerangi kemiskinan tetap dilakukan. Program-program sosial, kenaikan PKH, subsidi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dasar. Itu semuanya untuk menurunkan kemiskinan," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Oleh sebab itu, lanjut Sri Mulyani, sekarang tinggal bagaimana sejumlah program pemerintah ini bisa berjalan secara efektif di daerah. Hal tersebut akan bergantung pada upaya dari pemerintah daerah masing-masing.

"Jadi, sekarang lebih kepada apakah program-program tersebut masuk penetrasi ke daerah-daerah yang memang miskin, dan juga anggaran dana desa dipakai untuk itu," kata dia.

Sementara, terkait dengan defisit anggaran hampir mencapai 3 persen, Sri Mulyani menyatakan akan berupaya akan menjaga agar utang pemerintah tetap terjaga di dengan baik.

"Kalau defisit kita turunkan. Jadi kita jaga utangnya tetap baik," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.