Sukses

Menko Luhut Janji Bantu Menteri Susi Perangi Aksi Pencurian Ikan

Pelarangan beroperasinya kapal nelayan dengan alat cantrang , merupakan upaya pemerintah untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah terus berupaya memperbaiki keberlangsungan sumber daya kelautan Indonesia, diantaranya dengan memerangi pencurian ikan dan pelarangan beroperasinya kapal cantrang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan‎, dirinya akan terus membantu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dalam menegakkan kedaulatan kelautan Indonesia, dengan memerangi pencurian ikan.

‎"Jadi sekarang coba bantu Ibu Susi bagaimana melawan illegal fishing. Ibu Susi itu banyak kurangnya, sama seperti saya," kata Luhut, saat menghadiri ‎rakornas satuan tugas pemberantasan penangkapan ikan secara ilegal, di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

‎Menurut Luhut, tindakan tegas dalam memerangi pencurian ikan terhadap kapal asing atau kapal domestik merupakan awal sangat baik. Namun langkah ini memerlukan serangkaian kebijakan lanjutan, untuk menjaga penegakan hukum dan memberikan kemakmuran bagi bangsa Indonesia.

Luhut melanjutkan, ‎untuk pelarangan beroperasinya kapal nelayan dengan alat cantrang , merupakan upaya pemerintah untuk menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan. "Kapal cantrang oleh regulasi nasional juga internasional FAO, dinilai berdampak negatif terhadap lingkungan laut, " ucap Luhut.

Upaya menjalankan kebijakan tersebut menghadapi tantangan, antara keberlanjutan sumber daya alam dengan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, pemerintah telah menyediakan solusi berupa penggantian alat tangkap yang lebih ramah lingkungan.

"Namun proses ini membutuhkan waktu yang panjang, terlebih lagi mekanisme pengadaan barang dan jasa kita yang memang menuntut proses administrasi yang tidak singkat," dia menandaskan.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.