Sukses

Saudi Arabian Airlines Pindah ke Terminal 3 Bandara Soetta

Untuk mendukung operasional Saudi Arabian Airlines di Terminal 3, JAS selaku penyedia jasa ground handling telah mempersiapkan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh penerbangan Saudi Arabian Airlines akan pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Tangerang, mulai Senin 10 Juli besok. Sebelumnya, Saudi Arabian Airlines beroperasi di Terminal 2D Internasional Bandara Soetta).

Adapun rute yang akan dilayani serupa seperti di Terminal 2, yakni tujuan Jeddah, Riyadh dan Madinah. Seluruh penerbangan ini akan menggunakan pesawat wide body Boeing 777-300 ER.

Persiapan perpindahan operasional tersebut diungkapkan Senior General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan. “Dari sisi pelayanan dan fasilitas, baik dari sisi airside dan landside sudah kami persiapkan semuanya," tutur Wakan seperti ditulis Minggu, (9/7/2017).

Saat ini, Terminal 3 Internasional bandara Soetta telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas digital. Seperti, baggage handling system (BHS), layar flight information display system (FIDS) dengan teknologi termodern, serta didukung aplikasi smartphone yang dapat mempermudah penumpang pesawat atau pengunjung bandara mencari lokasi parkir, serta penunjang lainnya.

“Kita juga sudah menerapkan common use check-in counter system yang juga sudah diterapkan bandara terbaik di dunia,” terang Wakan.

Menyusul selain Saudi Arabian Airlines, dalam waktu dekat akan ada beberapa airlines yang juga akan memindahkan operasinya di Terminal 3. Seperti Vietnam Airlines, Korean Air dan Xiamen Air.

Untuk mendukung operasional Saudi Arabian Airlines di Terminal 3, JAS Airport Services (JAS) selaku penyedia jasa ground handling telah mempersiapkan diri untuk mendukung perpindahan operasional maskapai tersebut. 

General Manager JAS yang membawahi area I termasuk Bandara Internasional Soekarno-Hatta Andi Lukman mengatakan, JAS akan menangani total 20 penerbangan milik Saudi Arabian Airlines tiap minggunya.

Persiapan yang dimaksud beberapa di antaranya menyangkut alokasi karyawan dan peralatan. JAS telah mengalokasikan sekitar 76 staf yang didedikasikan bagi Saudi Arabian Airlines di Terminal 3 untuk mendukung kelancaran operasional yang meliputi penanganan check-in, services, gerbang, alpha bravo dan lost & found.

Sedangkan terkait peralatan, JAS menempatkan kurang lebih 59 Ground Support Equipments (GSE) yang secara bergilir melayani kebutuhan ground handling Saudi Arabian Airlines di Terminal 3 dan maskapai asing lain di Terminal 2D.

"Kami memahami bahwa ke depannya, seluruh maskapai asing termasuk yang non anggota Sky Team diharapkan akan beroperasi dari Terminal 3. Untuk itu persiapan telah kami lakukan mulai dari sekarang, nanti salah satunya adalah fasilitas lounge eksklusif bagi penumpang maskapai pelanggan di Terminal 3,” jelas Andi.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.