Sukses

Begini Cara Liburan Seru Tanpa Buat Kantong Jebol

Agar liburan bisa menyenangkan, seru, asyik, dan hemat, Anda perlu mengikuti beberapa tips berlibur tanpa harus membuat kantong jebol.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, liburan adalah suatu agenda rutin setiap akhir semester. Maka tak heran jika orang menanti-nantikan momen yang satu ini.

Setiap orang memang sudah wajib hukumnya untuk pergi berlibur untuk merefleksikan dirinya dari padatnya rutinitas sehari-hari. Selain melepaskan penat, pergi berlibur juga bisa membuka wawasan dan menambah ide-ide kreatif dalam diri kita.

Liburan menyenangkan tidak hanya didapatkan dengan berlibur ke luar negeri saja. Berlibur di Indonesia juga tak kalah asyiknya. Luasnya wilayah Indonesia dan indahnya pemandangan membuat kita bisa memilih tempat mana yang harus dikunjungi.

Destinasi berlibur yang saat ini menjadi favorit adalah Bali, Yogyakarta, dan Bangka Belitung. Ketiga daerah ini menawarkan keindahan pantai yang sangat memukau.

Destinasi berlibur ke Indonesia tidak lagi hanya dinikmati oleh masyarakat lokal saja, namun juga masyarakat mancanegara, terutama di kawasan Bali dan Yogyakarta yang tidak pernah sepi pengunjung.

Hal yang paling penting dipersiapkan sebelum berlibur adalah itinerary dan uang. Jumlah uang yang diperlukan tergantung dari destinasi tujuan dan lamanya waktu untuk berlibur. Semakin lama Anda pergi berlibur, semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan, dan sebaliknya.

Agar liburan bisa menyenangkan, seru, asyik, dan hemat, Anda perlu mengikuti beberapa tips berlibur tanpa harus membuat kantong jebol seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Lakukan Survei Untuk Destinasi Liburan

Sebelum pergi berlibur, hal yang paling penting adalah menentukan destinasi atau tujuan liburan. Setelah mengetahui tempat berlibur, Anda akan dengan mudah mempersiapkan budget selama liburan tersebut.

Jika bingung menentukan lokasi liburan, jangan ragu untuk mencari referensi di Google. Pilihlah lokasi liburan yang menawarkan banyak pemandangan alam agar pikiran bisa tenang dan jernih kembali.

2. Low Season atau High Season

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui kapan waktu untuk pergi berlibur, apakah itu saat low season atau high season. Waktu liburan sangat mempengaruhi harga tiket penerbangan dan reservasi hotel.

High season biasanya terjadi saat libur anak sekolah, libur akhir tahun, dan libur lebaran. Untuk bisa menekan budget, sebaiknya Anda pergi berlibur pada saat low season.

Selain harga yang didapatkan lebih murah, suasana liburan juga semakin terasa karena tidak banyak pengunjung yang datang ke tempat yang bersangkutan.

Simak video menarik di bawah ini:

Memesan Tiket

3. Memesan Tiket dari Jauh Hari

Perbedaan harga tiket seminggu sebelum keberangkatan dengan dua bulan sebelum keberangkatan tentu saja berbeda. Namun tidak ada jaminan kalau memesan seminggu sebelumnya akan mendapatkan harga yang tinggi. Karena kondisi yang tidak pasti inilah Anda disarankan untuk memesan jauh-jauh hari.

Beberapa maskapai penerbangan menawarkan harga tiket yang sangat terjangkau di kantong. Terlebih lagi jika Anda memesan paket penerbangan dan reservasi hotel.

Harga yang dibebankan bisa setengah dari harga ketika harus memesan secara terpisah. Untuk mendapatkan harga termurah, jangan lupa pula untuk membandingkan antara website yang satu dengan website yang lainnya.

4. Kenyamanan Lebih Penting Daripada Kemewahan

Berlibur adalah waktu untuk merefleksikan diri, namun bukan berarti liburan selalu berkaitan dengan fasilitas mewah. Untuk menekan budget, cobalah untuk mengesampingkan kemewahan dan fokus pada kenyamanan. Mulai dari penerbangan, hotel, transportasi selama liburan, dan lokasi untuk makan.

Berburu Tiket

5. Berburu Tiket Saat Ulang Tahun Maskapai Penerbangan

Ulang tahun atau anniversary memang identik dengan perayaan dan promo yang menarik. Hal ini juga terjadi pada beberapa maskapai penerbangan.

Untuk mengetahui hari penting pada maskapai yang bersangkutan, Anda perlu mencari informasi mengenai tanggal ulang tahun maskapai dan promo menarik apa saja yang biasanya ditawarkan.

6. Bawa Uang Tunai Saat Berlibur

Sadar atau tidak, keberadaan kartu kredit membuat kita berperilaku konsumtif, terutama saat liburan. Agar liburan bersama keluarga bisa hemat, sebaiknya membawa uang tunai selama liburan. Uang tunai juga membuat Anda berpikir lebih dalam ketika hendak menghabiskannya.

Pertimbangan mengenai sisa uang di kantong dengan sisa waktu liburan membuat Anda selalu mempertimbangkan apakah hal tersebut penting atau tidak. Untuk berjaga-jaga, jangan lupa juga untuk membawa Kartu debit dan kartu kredit. Namun kedua kartu itu jangan digunakan kecuali saat kebutuhan mendadak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.