Sukses

Intip Kiat Sukses Jadi Miliarder dari Orang Terkaya Dunia

Sebelum mendulang kesuksesan seperti sekarang, Jack mengalami masa sulit dalam usahanya.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak miliarder kaya di dunia meraup harta dengan cara yang tak mudah. Jatuh bangun menjalankan bisnis, berusaha hingga sukses menjadi orang kaya.

Hal itu yang dialami oleh pengusaha sekaligus salah satu orang terkaya di dunia, Jack Ma, pendiri situs e-Commerce Alibaba, yang merupakan situs marketplace terbesar di China, bahkan di dunia.

Seperti dikutip dari vidio.com akun Visualtvlive, Selasa (4/7/2017), sebelum mendulang kesuksesan seperti sekarang, Jack mengalami masa sulit dalam usahanya. Jack pernah menjadi guru Bahasa Inggris dan sempat mencoba bekerja di sejumlah perusahaan, tapi ditolak.

Namun Jack tak pernah putus asa. Siapa sangka dari pengalamannya itu, Jack Ma bisa jadi orang terkaya di China.

Ada beberapa kiat dari Jack Ma untuk mencapai kesuksesan. Apa saja?

Jack Ma selalu menekankan soal kedisiplinan, terutama saat di sekolah. Menurutnya, tak hanya harus pintar, pelajar juga harus punya perilaku yang baik. Sebelum 20 tahun, jadilah pelajar yang baik.

Kemudian, sebelum menginjak usia 30 tahun, Jack Ma mengatakan jika ingin sukses seseorang harus bergabung dengan perusahaan kecil. Setidaknya dia bisa belajar mengenai loyalitas, dan bagaimana cara mengembangkan perusahaan.

Nah, beranjak ke usia 30 sampai 40 tahun, mulailah berani untuk menjadi pengusaha. Namun jangan menjadi pengusaha di bidang yang tak dimengerti.

Beranjak tua di usia 50-60 tahun dan sistem perusahaan sudah berjalan, mulai percayakan roda perusahaan pada generasi muda. Setelah itu, barulah kita bisa menikmati hidup di hari tua.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.