Sukses

Pembangunan Tol Fungsional Ini Bakal Selesai Sebelum 2018

Tol Batang-Semarang terdiri dari 5 Seksi dengan total panjang 75 km.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengoperasikan beberapa seksi ruas tol di Brebes Timur-Weleri yang sebetulnya belum jadi 100 persen atau disebut juga tol fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2017. Pemerintah berharap dalam paruh kedua 2017 ini, pembangunan beberapa ruas tol fungsional tersebut bisa dikebut sehingga bisa diresmikan sebelum akhir tahun.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry TZ mengatakan, ada dua tuas tol yang bakal dikebut pembangunannya sehingga layak untuk dioperasikan secara penuh pada tahun ini. "Pejagan-Pemalang 3-4 terus Semarang-Batang 1-2, tapi nanti saya cek lagi deh," kata dia kepada Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Tol Pejagan-Pemalang terdiri dari 4 Seksi dengan total panjang 57,50 km. Seksi 1 yakni Pejagan-Brebes Barat (14,20 km) dan Seksi 2 Brebes Barat-Brebes Timur (6 km) telah beroperasi sebelumnya. Sehingga tersisa dua seksi yakni Seksi 3 Brebes Timur-Tegal (10,40 km) dan Seksi 4 Tegal-Pemalang (26,90 km).

Kemudian, Tol Batang-Semarang sendiri terdiri dari 5 Seksi dengan total panjang 75 km. Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,5 km) dan Seksi 5 Kaliwungu-Ngaliyan/Semarang (10,90 km).

Meski begitu, Herry akan memperhatikan kondisi di lapangan terlebih hanya tersisa 6 bulan. Menurutnya, semakin cepat pengerjaan tol maka akan semakin baik. "Kalau memang kendala nggak apa-apa, tapi kita cek lagi, kalau makin banyak selesai makin baik," tutup dia.

Untuk diketahui, pada arus mudik dan arus Balik Lebaran 2017, pemerintah menetapkan beberapa ruas tol yang masih dibangun untuk difungsikan. Untuk Trans Jawa antara lain dari ruas Pejagan sampai Semarang. Total panjang sekitar 110 kilometer (km). Kemudian, Tol Semarang-Solo seksi III Bawen-Salatiga. Serta, sepanjang 227 km dari Semarang hingga Surabaya.

Kemudian untuk jalan tol fungsional Trans Sumatera ialah Bakauheni-Terbanggi Besar untuk Paket 2 Segmen Lematang-Kotabaru, Palembang-Indralaya untuk Seksi 1 Palembang-Pamulutan, Medan-Binjai untuk Seksi 3 Semayang-Binjai.

Untuk Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang difungsikan yakni Seksi 2 Parbarakan-Kualanamu, Seksi 3 Parbarakan-Lubuk Pakam, Seksi 4 Lubuk Pakam-Perbaungan, Seksi 5 Perbaungan-Teluk Mengkudu, Seksi 6 Teluk Mengkudu-sei Rampah.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.