Sukses

Menteri Susi: Kebijakan Perikanan RI Mampu Pengaruhi Dunia

Menteri Susi Pudjiastuti menilai selama ini Indonesia merupakan negara yang sangat baik kepada para pencuri ikan.

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat antusias menghadiri rangkaian acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4 yang berlangsung pada hari ini di Jakarta. Salah satunya adalah sesi diskusi bertema Kontribusi Diaspora Bagi Pembangunan Indonesia.

Dari pantauan Liputan6.com, Sabtu (1/7/2017), antusiasme para peserta salah satunya karena kehadiran Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang menjadi pembicara salah satu sesi. Para peserta tersebut bahkan rela berdiri hingga duduk di lantai demi mendengarkan Menteri Susi.

Dalam sesi tersebut, ‎Susi menyatakan, selama ini Indonesia merupakan negara yang sangat baik kepada para pencuri ikan. Jika di Singapura para pencuri ikan tersebut ditangkap, maka di Indonesia hanya dibiarkan saja. Bahkan para pencuri ikan tersebut mendapatkan bahan bakar yang disubsidi negara.

‎"Di Singapura, kapal pencuri masuk langsung ditangkap. Kalau di sini malah pakai BBM negara. Betapa baiknya orang Indonesia," ujar dia di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Namun demikian, lanjut Susi, saat ini pemerintah terus berupaya untuk menjaga perairan Indonesia dari pencuri ikan. Bahkan kebijakan-kebijakan yang telah diterbitkan pemerintah di sektor perikanan ini turut memengaruhi kondisi dunia. "Kita buat policy dalam negeri mempengaruhi dunia. Jadi Indonesia bisa," tandas dia.

Sebanyak 9.000 peserta 4th Congress of Indonesian Diaspora 2017 menunjukkan kecintaan Indonesia dengan kompak memberikan tepuk tangan berdiri (standing applause) selama satu menit di awal acara. Standing applause ini dipandu oleh Ketua Diaspora Network, Dino Pati Jalal.

Mantan Duta Besar ini mengungkapkan, kongres Diaspora kali ini dihadiri 9 ribu orang dari dalam dan luar negeri di 55 negara, 134 kota di dunia, dan 71 kota di Indonesia. Turut hadir mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama.

Adapun pejabat negara dan tokoh yang hadir dalam acara ini antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.