Sukses

Begini Penampakan 5 Rumah Terkecil di Dunia

Di wilayah pusat kota, keberadaan rumah dengan ukuran kecil bisa dijadikan solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan.

Liputan6.com, Jakarta - Di wilayah pusat kota keberadaan rumah dengan ukuran kecil saat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi keterbatasan lahan. Fenomena ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, ternyata juga terjadi di berbagai dunia.

Kali ini portal global properti Lamudi akan merangkum beberapa rumah kecil yang berada di seluruh dunia. Seperti apa penampakannya?

Berikut ulasannya:
 
1. Rumah seluas 11,52 meter persegi di Colorado  

Di Colorado seorang pria bernama Christopher Smith telah berhasil membangun sebuah rumah dengan ukuran hanya 11,52 meter persegi. Menariknya, kendati kecil, rumah tersebut memiliki sebuah dapur kecil, tempat tidur rak buku dan tempat penyimpanan.

Karena uniknya rumah tersebut, tak heran sang pemilik rumah membuat sebuah film yang mendokumentasikan kehidupan mereka dengan judul “A Story About Living Small.”

2. Rumah seluas 7,3 meter persegi di Jerman



Seorang arsitek asal Italia bernama Renzo Piano mendesain sebuah rumah kecil yang diberi nama “Diogene”, rumah ini memiliki luas hanya 7,3 meter persegi di dalamnya terdapat sebuah ruang keluarga minimalis, ruang keluarga, shower dan tempat tidur.

Menariknya rumah ini memiliki teknologi tenaga surya yang dapat memasok energi dari cahaya matahari.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Roma


3. Rumah seluas 6,9 meter persegi di Roma



 Marco Pierazzi adalah seorang arsitek dari Italia, dia berhasil membangun rumah dengan ukuran 6.9 meter di gang sempit di Roma, Italia.

Rumah ini disebut-sebut sebagai hunian terkecil di Italia, kendari demikian rumah ini ternyata memiliki desain interior yang sangat menarik, penataannya dibuat sangat minimalis dan fungsional.   

 4. Rumah terkecil di atas sebuah sepeda roda tiga, China



Di China ada sebuah kelompok desain interior bernama Beijing People’s Architecture yang berhasil membangun sebuah rumah minimalis di atas sepeda roda tiga.

Rumah tersebut memiliki luas 3 meter persegi saja, sebenarnya rumah ini sama seperti rumah pada mobil caravan. Di dalamnya terdapat kamar mandi, kamar tidur dan dapur, perabotan rumah ini pun dibuat dengan multi fungsi.

3 dari 3 halaman

Jerman



5. Rumah dengan 1,02 meter di Jerman



Di Berlin, Jerman ada seorang arsitek bernama Van Bo Le-Mentzal dia membangun sebuah rumah sangat kecil dengan ukuran hanya 1,02 meter, di dalam rumah ini hanya terdapat sebuah kursi, jendela dan pintu.

Kendati demikian rumah ini bisa digunakan untuk tidur pada malam hari, cukup dengan mengganti posisi rumah, strukturnya dapat berubah menjad kasur built-in.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.