Sukses

Bos GE Jeff Immelt Mengundurkan Diri

Jeff Immlet, CEO GE yang memimpin selama 16 tahun akan digantikan oleh John Flannery.

Liputan6.com, New York - Jeff Immelt, Chief Executive Officer (CEO) General Electric (GE) mengundurkan dari dari posisinya yang diemban sejak 2001.

Perusahaan mengumumkan penggantinya yaitu John Flannery, Presiden dan CEO GE Healthcare sebagai CEO baru yang efektif pada 1 Agustus 2017. Demikian mengutip laman CNN Money, Selasa (13/6/2017).

Immelt (61) menggantikan CEO legendaris Jack Welch, yang memimpin perusahaan selama 20 tahun. Immelt menduduki posisi CEO GE pada 7 September 2001, empat hari sebelum serangan teroris. Ia pun memimpin perusahaan melewati krisis keuangan pada 2008. Immelt juga memimpin banyak divisi di GE, termasuk jaringan televisi NBC dan aset GE Capital, perusahaan bisnis jasa keuangan.

Saham GE telah berjuang dalam beberapa tahun terakhir. Saham GE turun lebih dari 10 persen pada 2017. Saham GE mencatatkan komponen dengan kinerja terburuk yang masuk indeks Dow Jones sejak Immelt menjadi CEO. Adapun saham GE naik lima persen pada awal perdagangan Senin waktu New York usai pengumuman pengunduran diri Immelt.

Diperkirakan penyusutan portofolio bisnis perusahaan belum berakhir. Immelt dan GE telah mendapatkan tekanan untuk memangkas biaya dan meningkatkan keuntungan sehingga mendorong harga saham.

Immelt tidak sepaham dengan pemerintahan Donald Trump. Ia mengkritik larangan perjalanan dari sejumlah negara, mendorong kebijakan perdagangan proteksionis, dan keluar dari kesepakatan Paris mengenai perubahan iklim.

"Jeff telah memposisikan perusahaan dengan sangat baik untuk masa depan. Dia melakukan transformasi portofolio besar-besaran dan mengarahkan perusahaan melalui siklus ekonomi dan gangguan bisnis. Saat ini GE merupakan perusahaan industri teknologi tinggi dengan masa depan yang cerah," ujar Jack Brennan Direktur Independen GE.

Ada pun Flannery (55) pengganti Immelt telah bergabung dengan General Electric sejak 1987. Ia telah menghabiskan kariernya di luar Amerika Serikat, dan menjalankan unit GE di Amerika Selatan dan Asia.

 

 

Tonton Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.